OBITUARI

Chadwick Boseman, dari Panggung Broadway ke Takhta Wakanda

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 29/08/2020 10:24 WIB
Perjalanan karir Chadwick Boseman dimulai sejak dini saat sekolah, berangkat ke panggung Broadway hingga duduk di takhta Raja Wakanda di Black Panther. Chadwick Boseman meninggal dunia pada Jumat (28/8) malam di Los Angeles. (Jordan Strauss/Invision/AP/Jordan Strauss)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemeran superhero Black Panther, Chadwick Boseman, meninggal dunia pada Jumat (28/8) malam waktu setempat. Aktor berusia 43 tahun itu meninggal karena menderita kanker usus besar (kolon) sejak empat tahun lalu.

Sebelum ia dikenal diseluruh dunia sebagai Raja Wakanda, kemampuan seni Chadwick Boseman sudah terlihat sejak dini.

Ketika masih duduk di bangku sekolah, ia sudah menuliskan naskah sendiri, Crossroads, dan menampilkannya setelah seorang teman kelasnya meninggal akibat ditembak.


Ia kemudian melanjutkan studi ke Howard University di Washington DC pada 2000 sebagai Bachelor of Fine Arts dengan fokus penyutradaraan. Keinginan yang kuat untuk menjadi sutradara dan penulis membuat Boseman melanjutkan studi di Digital Film Academy.

Setelah lulus dan sempat menjadi pengajar, aktor kelahiran 29 November 1976 ini memilih tinggal di Los Angeles untuk memulai kariernya di dunia perfilman.

Ia pertama kali mendapatkan peran untuk tampil di layar kaca pada 2003 dalam serial Third Watch. Boseman juga sempat membintangi serial hit Amerika seperti Law & Order, CSI: NY dan ER. Hingga akhirnya menjadi salah satu pemain tetap dalam Persons Unknown pada 2010.

Tiga tahun kemudian, ia akhirnya mendapatkan peran utama untuk layar lebar dalam film 42. Boseman memerankan Jackie Robinson, pemain baseball profesional.

Film tersebut menjadi penyebab Boseman tetap berkarier sebagai aktor sepanjang hidupnya. Sebelum resmi menjadi pemain dalam film 42, ia juga sedang sibuk mengarahkan teater Broadway, East Village. Ia bahkan sampai mengikuti casting dua kali.

Hal tersebut membuatnya sempat terpikir untuk mundur sebagai aktor dan fokus pada kursi sutradara. Namun, Sutradara Brian Helgeland melihat dan menyukai keberanian Chadwick Boseman dan akhirnya mempercayakan peran tersebut kepada Boseman.

Sejak saat itu, Boseman mulai rutin bermain film. Pada 2014, ia beradu akting dengan Kevin Costner dalam Draft Day dan juga membintangi Get on Up.

Pada 2016, ia berperan sebagai Thoth dalam film Gods of Egypt. Di tahun yang sama, Boseman resmi bergabung dalam keluarga besar Marvel dengan berperan sebagai Raja T'Challa di Black Panther atau dalam Captain America: Civil War dan akhirnya menjadi pemeran utama dalam film Black Panther (2018).

Pada 2020, Chadwick Boseman juga baru saja menyapa penggemarnya melalui film Da 5 Bloods yang disutradarai Spike Lee.

Kini, Chadwick Boseman telah tiada. Ia sama sekali tidak pernah mengungkapkan ke publik mengenai penyakitnya. Pihak keluarga berterima kasih kepada penggemar dan menyatakan mereka dan Boseman sangat bangga bisa menghidupkan T'Challa dalam Black Panther.

Selamat jalan Chadwick Boseman. Wakanda forever.

(chr/stu)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK