7 Film Barat Detektif yang Memeras Otak

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 00:30 WIB
Bagi penyuka plot twist dan penuh teka-teki, berikut film barat detektif yang dapat membuat Anda berpikir keras untuk turut mengungkap misteri. Bagi penyuka alur plot twist dan penuh teka-teki, berikut film barat detektif yang menarik dan membuat Anda berpikir keras untuk turut mengungkap misteri. (Foto: Paramount Pictures via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Detektif menjadi salah satu tema film yang menarik dan seru untuk ditonton. Kisahnya yang penuh misteri dan teka-teki membuat penonton terus menaruh perhatian agar tak ketinggalan satu adegan pun. Karena secuil adegan pun bisa menjadi petunjuk jawaban kasus dalam cerita.

CNNIndonesia.com memberikan rekomendasi film barat detektif yang paling menarik. Otak Anda akan diperas untuk bisa mendapatkan jawaban, terlebih bagi yang menyukai alur cerita tak terduga (plot twist) dan penuh misteri.

1. Memento (2000)

[Gambas:Youtube]


Leonard menderita amnesia setelah diserang oleh pembunuh istrinya. Penyakit yang dia derita ini jenis amnesia anterograde, membuat penderitanya kehilangan ingatan jangka pendek.

Dia tidak bisa mengingat berbagai hal yang baru saja dilakukan, bahkan peristiwa setelah istrinya diperkosa dan dibunuh.

Singkat cerita, dia tetap tahu bahwa istrinya dibunuh. Untuk menjaga ingatan tentang tugasnya yang tengah menyelidik sang pembunuh istrinya, dia memanfaatkan sebuah foto.

Di akhir cerita, penonton akan dikejutkan dengan hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Berkat jalan cerita yang unik, film ini masuk nominasi Oscar kategori Best Writing.

Selain itu, film yang rilis pada 5 September 2000 ini berhasil menembus box office dan tercatat meraup pendapatan kotor hingga US$39 juta.

2. Catch Me if You Can (2002)

Catch Me If You Can (2002)Foto: Dok. DreamWorks via Imdb
Catch Me If You Can adalah film barat detektif dengan penokohan yang cerdas

Catch Me If You Can diadaptasi dari kisah nyata tentang Frank W. Abagnale (Leonardo DiCaprio) yang sukses melakukan kontrak senilai jutaan dolar dengan menyamar sebagai dokter, pengacara, dan pilot. Semuanya dilakukan bahkan sebelum mencapai ulang tahunnya yang ke-21.

Sejak masih berusia 17 tahun, ia sudah menjadi perampok bank paling sukses dalam sejarah Amerika Serikat.

Atas tuduhan kriminal berat itu, agen FBI Carl Hanratty (Tom Hanks) menjadikan dia sebagai target utama. Namun sayangnya, Frank selalu satu langkah lebih dulu dari Carl. Kecerdasan Frank selalu berhasil membuat Carl tertipu dan tertinggal.

Film yang dirilis perdana di Amerika Serikat pada 25 Desember 2002 ini terbilang sukses dan mendapat penilaian bagus dari para kritikus film.

3. Shutter Island (2010)

[Gambas:Youtube]

Perwira polisi Amerika Serikat bernama Tedy Daniels (Leonardo DiCaprio) mendapat tugas untuk menyelidiki salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa Aschellife bernama Daniel Solando yang hilang.

Dia pergi ke Ashecliff bersama rekannya bernama Chuck Aule (Mark Rufallo). Saat pencarian berlangsung, Tedy kerap mendapat kesulitan, salah satunya karena catatan para pegawai dan karyawan.

Singkat cerita, badai menerjang rumah sakit tersebut dan beberapa pasien kabur. Tedy kemudian mewawancarai para interniran. Penyelidikan dia berlanjut ke sebuah mercusuar yang berada di rumah sakit itu dan akhirnya berhasil mengungkap berbagai rahasia.

Namun, cerita tidak serta merta berakhir. Ada kejutan di akhir cerita yang wajib Anda tunggu. Ini menjadi alasan bahwa Shutter Island menjadi salah satu film barat detektif terbaik pada eranya.

4. Zodiac (2007)

Zodiac (2007)Foto: Paramount Pictures via Imdb
Zodiac merupakan film barat detektif yang diadaptasi dari kisah nyata pembunuhan berantai tahun 60-an

Film Zodiac diadaptasi dari kisah nyata terkait kasus pembunuh berantai bernama Zodiac Killer di Amerika Serikat yang terjadi sekitar tahun 1960-an. Sampai saat ini kasusnya belum terpecahkan.

Zodiac berpusat pada cerita soal Robert Graysmith (Jacob Benjamin Gyllenhal), seorang kartunis yang bekerja untuk Fransisco Chronicle. Dia berteman dengan reporter bernama Paul Avery (Robert Downey Jr).

Mereka tertarik pada satu hal yang sama, yakni mengungkap kasus Zodiac Killer. Graysmith juga akan bertemu dengan karakter lain, yakni David Toschi, inspektur kepolisian yang gagal menangkap pelaku kasus Zodiac Killer.

Selain itu, ia juga bertemu dengan seorang ahli tulisan tangan, Sherwood Morril, dan terpidana bernama Linda del Buono yang mengetahui salah satu korban Zodiac.

Atas penyajian cerita yang menarik, film yang disutradarai David Fincher ini masuk dalam nominasi Best Action/Adventure/Thriller Film dari Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films.

5. Spotlight (2015)

[Gambas:Youtube]

Film ini juga diangkat dari kisah nyata para jurnalis koran Boston Globe yang mengungkap skandal pelecehan seksual di gereja. Berita itu kemudian hangat diperbincangkan seluruh dunia dan membuat korban-korban lain berani buka suara.

Kisah film Spotlight berawal dari seorang pastur yang tengah ditahan di Kepolisian Boston, lalu beralih ke latar The Boston Globe. Di sana, ada satu tim jurnalis khusus investigasi bernama Spotlight yang dipimpin oleh seorang editor Robinson.

Awalnya, mereka meliput kasus manipulasi kepolisian. Hingga satu waktu pada rapat redaksi, mereka mulai berbincang soal kasus pelecehan seksual gereja yang kerap dianggap sebagai gosip.

Singkat cerita, mereka dapat menguak sistem gereja yang menutupi kasus pelecehan seksual oleh pastur di dunia.

Film ini meraih beberapa penghargaan, seperti film terbaik dan naskah asli terbaik di ajang Oscar tahun 2016, dan skenario terbaik oleh National Society of Film Critics Award pada tahun yang sama.

6. Searching (2018)

[Gambas:Youtube]

Bercerita tentang usaha seorang ayah bernama David Kim (John Co) mencari anaknya yang hilang, Margot Kim (Michella La). Dia dikisahkan sebagai duda yang sudah sejak lama membesarkan anaknya seorang diri.

Sejak kematian sang istri, Kim kerap kesulitan untuk berkomunikasi dengan Margot, sampai pada satu waktu anaknya menghilang. Sebelum Margot menghilang, Kim sempat mendapat telepon darinya.

Kim terkejut dan mulai berusaha mencari Margot.Hari demi hari, dengan optimistis dia mulai menyelidiki kasus Margot, layaknya detektif.

Dia mulai bertanya kepada teman-teman sekolah anaknya dan mulai menaruh curiga pada beberapa di antara mereka.

Sudut pandang film ini kebanyakan diambil dari kamera di laptop yang digunakan sang Kim saat mencari tahu tentang anaknya.

7. Knives Out (2019)

[Gambas:Youtube]

Knives Out bercerita tentang Harlan Thrombey (Christopher Plummer), seorang penulis novel misteri yang kaya raya. Pada hari ulang tahunnya yang ke-85, dia tewas secara misterius.

Keluarga Harlan yang berkumpul di saat kematiannya pun menjadi terduga tersangka pembunuhan. Mereka kemudian dihadapkan dengan detektif terkenal, Benoit Blanc (Daniel Craig), yang datang untuk menyelidiki insiden ini.

Sang detektif mulai berbicara kepada seluruh anggota keluarga yang datang di hari ulang tahun Harlan. Dia memilah sekecil apa pun petunjuk demi menemukan dalang di balik pembunuhan sang novelis terkenal itu.

Knives Out menuai pujian, terutama untuk skenario, plot, dan akting para pemerannya. Sejak tayang, film ini pun telah meraup lebih dari US$162 juta di seluruh dunia, jauh melampaui bujet sebesar USD40 juta.

Selain itu, film barat detektif satu ini, menerima tiga nominasi dalam kategori Musikal atau Komedi yakni Best Motion Picture, Best Actor untuk Craig, dan Best Actress untuk de Armas pada Golden Globe Awards ke-77.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]