3 September 2112, Hari Ulang Tahun Doraemon

CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2020 18:10 WIB
Pada tanggal hari ini, 3 September, Doraemon berulang tahun. Doraemon sejatinya lahir 3 September 2112, tapi ia menggunakan mesin waktu untuk bertemu Nobita. Pada tanggal hari ini, 3 September, Doraemon berulang tahun. Doraemon sejatinya lahir 3 September 2112, tapi ia menggunakan mesin waktu untuk bertemu Nobita. (Dok. Fujiko Productions/TV Asahi/Shin Ei Animation via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tepat pada tanggal hari ini, 3 September, Doraemon merayakan ulang tahun. Robot kucing itu sejatinya lahir pada 3 September 2112, tapi ia menggunakan mesin waktu untuk membantu Nobita di masa lalu.

Hari kelahiran Doraemon ini pertama kali terungkap dalam film pendek bertajuk 2112: The Birth of Doraemon.

Film prekuel dari keseluruhan kisah dalam komik dan anime Doraemon itu menceritakan proses robot itu dibentuk dan lahir, rusak, kehilangan telinganya, hingga alasan kepergian ke masa lalu untuk bertemu Nobita.


Pada 3 September 2112, Doraemon resmi lahir lewat Pabrik Robot Matsushiba. Awalnya, Doraemon akan dibuat menjadi robot kucing yang memiliki tubuh kuning, telinga, dan suara tinggi.

Namun dalam proses pembuatannya, dua teroris datang dan mengganggu jaringan listrik pabrik. Doraemon tersentak dan jatuh ke tempat pembuangan sampah industri. Untungnya, robot kucing penari bernama Noramyako sempat menyelamatkan Doraemon.

Banyak hal dan insiden yang terjadi sehingga membuat Doraemon kehilangan dua telinga serta warna kuning tubuhnya. Keseluruhan kisah tersebut berkaitan dengan Sewashi yang merupakan cicit dari Nobita.

Meski Doraemon berulang tahun pada 3 September, tapi komik mengenai robot tersebut pertama kali terbit pada Januari 1970.

Sejak saat itu, sekitar 1.465 cerita tercipta, menjadikan Doraemon sebagai salah satu manga terlaris di dunia. Pada 2015, lebih dari 100 juta buku komik Doraemon telah terjual.

[Gambas:Youtube]

Sementara itu, serial animasi Doraemon pertama kali tayang di Nippon Television pada 1973. Serial mendapat sambutan hangat penonton hingga akhirnya berhenti tayang pada Maret 2005 dengan total 1.787 episode.

Setelah itu, lebih dari 40 film animasi Doraemon tayang di layar lebar. Film terakhir yang dirilis adalah Stand by Me Doraemon.

Doreamon juga meraih sejumlah pencapaian, seperti juara satu Shogakukan Manga Award pada 1982, Osamu Tezuka Culture Award 1997, menjadi Duta Budaya Anime Pertama yang ditunjuk langsung Kementerian Luar Negeri Jepang, serta Asian Hero versi majalah Time 2002.

(chri/has)