Pangeran Harry Kembalikan Uang Pajak untuk Renovasi Rumah

CNN Indonesia | Rabu, 09/09/2020 08:35 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle telah melunasi biaya renovasi rumah mereka di Inggris dari uang pajak rakyat. Pangeran Harry kembalikan uang pajak rakyat Kerajaan Inggris untuk renovasi rumah. (AFP/TOBY MELVILLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah melunasi biaya renovasi rumah mereka di Inggris yang didanai menggunakan pajak Kerajaan Inggris dari uang rakyat.

Kabar ini dikonfirmasi melalui pernyataan yang dirilis oleh juru bicara pasangan tersebut pada Senin (7/9) kemarin, bahwa Harry sepenuhnya sudah menutupi biaya renovasi senilai US$3 juta (Rp44,4 miliar).

Biaya tersebut semula ditanggung oleh Sovereign Grant, dana Inggris yang disisihkan untuk bangsawan yang dibiayai oleh pembayar pajak.


"Kontribusi telah diberikan kepada Sovereign Grant oleh Duke of Sussex," demikian pernyataan juru bicara Harry dan Markle, sebagaimana dilansir People.

Berdasarkan keterangan itu, sumbangan tersebut semula diberikan untuk membiayai renovasi Frogmore Cottage, properti milik Ratu Elizabeth II, yang akan menjadi kediaman Harry dan keluarganya di Inggris.

Britain's Prince Harry and Meghan, the Duchess of Sussex, cheer during a marriage proposal at the Endeavour Fund Awards at Mansion House in London, Thursday, March 5, 2020. (Paul Edwards/Pool Photo via AP)Pangeran Harry memutuskan melepas status Keluarga Kerajaan Inggris. (Paul Edwards/Pool Photo via AP)

Pasangan tersebut pun telah menempati Frogmore Cottage pada April 2019 tak lama sebelum kelahiran putra mereka, Archie. Pasangan itu kemudian berencana mengembalikan biaya renovasi secara dicicil, sebagai tindak lanjut atas keputusan mereka keluar dari kerajaan dan berusaha untuk mandiri secara finansial.

"Ini adalah langkah penting yang ingin mereka ambil," kata sumber yang dekat dengan Harry dan Markle.

"Ini adalah sesuatu yang secara proaktif ingin mereka lakukan sejak menyatakan mundur. Mereka telah berinisiatif untuk melakukannya."

Keinginan mengembalikan dana tersebut pun telah disampaikan langsung kepada sang ratu pada Januari lalu.

Baru-baru ini, Harry dan Markle telah menandatangani kesepakatan bernilai jutaan dollar dengan Netflix. Pasangan tersebut juga baru saja pindah ke rumah baru mereka di Santa Barbara.

(chr/bac)

[Gambas:Video CNN]