BTS Tak Menyangka Lagu Dynamite 'Meledak' Dua Pekan Beruntun

CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 15:06 WIB
BTS sama tidak menyangka lagu Dynamite yang mereka bawakan bisa 'meledak' di Amerika Serikat dalam dua pekan beruntun. BTS cetak rekor baru lagu Dynamite berada di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 dua pekan beruntun. (AP/Jo Soo-jung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Boyband K-pop Korea Bangtan Boys atau BTS sama sekali tidak menyangka lagu Dynamite yang mereka bawakan bisa 'meledak' di Amerika Serikat dalam dua pekan beruntun.

BTS pun mengungkapkan butuh kerja keras bertahun-tahun dalam mengatasi hambatan bahasa dan rasial sebelum single terbaru mereka, Dynamite, 'meledak' di Amerika Serikat.

Lewat Dynamite, BTS mencetak sejarah dengan menjadi idol K-pop pertama yang berhasil duduk di posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100 dan bertahan dua pekan berturut-turut.


"Kami tidak menyangka atau memprediksi lagu kami menempati posisi pertama dua minggu berturut-turut. Saya pikir karena itu juga karena lagu ini dalam bahasa Inggris dan bergenre disco-pop yang familiar serta melodi ceria dan sederhana," kata RM.

Namun, RM menyatakan hal itu bisa diraih bukan sekejap. BTS membutuhkan bertahun-tahun untuk membuat kehadiran mereka dan musiknya terada di industri musik AS. BTS mulai masuk tangga musik Billboard pada 2015.

FILE - Korean pop band BTS accepts the award for top duo group at the Billboard Music Awards on May 1, 2019, in Las Vegas. “Dynamite,” the group’s first all-English song, debuted at No. 1 on the U.S. music charts this week, making BTS first Korean pop act to top the chart. (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP, File)BTS jadi boyband Korea pertama yang memuncaki daftar Billboard Hot 100. (Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello

Album The Most Beautiful Moment in Life, Pt.2 menjadi yang pertama masuk tangga lagu Hot 200. Sejak saat itu, album dan BTS secara bertahap dan menjadi pelanggan tangga musik paling berpengaruh di dunia.

Sebelum Dynamite, album studio keempat BTS Map of the Soul:7 debut di posisi pertama Hot 200 dan lagu utamanya, On, berada di posisi keempat tangga lagu Hot 100 Billboard. Kala itu, semua lagu yang masuk ditulis dan dinyanyikan dalam bahasa Korea.

"Kami mulai masuk ke tangga lagu Billboard sejak 2015. Tapi kami belum memetakan strategi terperinci untuk menaikkan peringkat kami," kata RM.

"Tapi ketulusan kami mengatasi bahasa dan kekhawatiran lainnya telah menarik banyak penggemar dan kesan menyenangkan dari mereka meledak sekarang dengan Dynamite," tutur leader BTS tersebut seperti dilansir Yonhap.

Sekarang, BTS bermimpi bisa tampil sebagai artis sendiri dan memenangkan hadiah di Grammy Awards di Amerika Serikat. Mimpi itu diungkapkan setelah tahun lalu, BTS tampil di Grammy dalam bentuk kolaborasi bersama beberapa musisi AS lainnya.

"Pertama-tama, kami harus dinominasikan untuk penghargaan di Grammy dan tampil sebagai artis yang berdiri sendiri," kata Suga. "Dan kami berani bermimpi mendapatkan trofi. Kami bisa memiliki mimpi bahagia."

Dalam wawancara tersebut, BTS membocorkan sedikit informasi tentang album mendatang mereka. Jimin menyatakan album terbaru itu akan memiliki banyak lagu sebagus Dynamite.

"Kami telah mencoba untuk mewakili perasaan sedih dan bahagia kami dalam lagu baru kami," tutur Jimin.

(chr/bac)

[Gambas:Video CNN]