Sinopsis Lovely Man, Upaya Cahaya Mencari Ayah

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 06:45 WIB
Lovely Man, film yang sempat menuai kontroversi saat dirilis pada 2011, bakal tersedia di Netflix mulai 17 September. Lovely Man, film yang sempat menuai kontroversi saat dirilis pada 2011, bakal tersedia di Netflix mulai 17 September. (Dok. Karuna Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lovely Man, film yang sempat menuai kontroversi saat dirilis pada 2011, bakal tersedia di Netflix mulai 17 September. Berikut sinopsis film Lovely Man yang dibintangi Donny Damara dan Raihaanun.

Lovely Man bercerita tentang Cahaya (Raihaanun), gadis pesantren yang pergi ke Kota Jakarta untuk mencari ayahnya, Syaiful (Donny Damara).

Berbekal secarik kertas dan sedikit uang, dia pergi ke kota untuk mencari ayahnya yang tidak pernah ia temui sejak berusia empat tahun.


Sesampainya di ibu kota, Cahaya menemukan bahwa sang ayah jauh dari yang ada dalam benaknya. Setiap malam, Syaiful ternyata bekerja sebagai waria dengan nama Ipuy di Taman Lawang.

Usai pertemuan tersebut, mereka berdua berjalan menyusuri jalanan ibu kota semalaman, mencoba menemukan kembali ikatan keluarga yang sudah lama hilang. Di sisi lain, mereka juga belajar tentang cinta, kehilangan, dan penebusan.

Lovely Man merupakan film yang disutradarai dan ditulis oleh Teddy Soeriatmadja. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Busan 2011 dan menerima pujian pada segmen A Window on Asian Cinema.

Setelah itu, film ini tayang dan berlaga di sejumlah festival film internasional, termasuk di Mumbai, Bangkok, Hong Kong, Roma, Bangalore, Tel Aviv, Osaka, California, Amsterdam, dan Melbourne.

Akting Donny Damara sebagai seorang transgender diapresiasi, terbukti dengan raihan penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Asia ke-6, mengalahkan Andy Lau.

Selain itu, Lovely Man juga menang kategori Sutradara Terbaik dan Film Terbaik di Festival Film Internasional Tiburon di AS.

[Gambas:Youtube]

Namun, penerimaan terhadap film ini di Indonesia tak begitu baik. Ketika tayang di Q Film Festival di Jakarta, film ini hanya bertahan beberapa hari karena mendapat kecaman dari Front Pembela Islam (FPI).

Meski demikian, film ini tetap berhasil mendapatkan nominasi dan memboyong sejumlah penghargaan di ajang Festival Film Indonesia (FFI) hingga Indonesian Movie Awards.

Usai mengetahui sinopsis Lovely Man, film ini dapat disaksikan secara streaming di Netflix mulai 17 September.

(agn/has)