BTS Cerita soal Dynamite, Album hingga ARMY dalam Podcast

CNN Indonesia | Jumat, 18/09/2020 16:30 WIB
BTS bercerita soal banyak hal dalam podcast, mulai dari kesuksesan Dynamite, album baru, hingga apresiasi bagi para penggemar mereka yang akrab disapa ARMY. BTS bercerita soal banyak hal dalam podcast, mulai dari kesuksesan Dynamite, album baru, hingga apresiasi bagi para penggemar mereka yang akrab disapa ARMY. (Dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

BTS bercerita soal banyak hal dalam podcast, mulai dari kesuksesan Dynamite, proses pembuatan album baru, hingga apresiasi bagi para penggemar mereka yang akrab disapa ARMY.

Kesuksesan Dynamit di Amerika Serikat bahkan dunia menjadi salah satu bahasan utama dalam podcast tersebut.

Usai merilis lagu itu, BTS menjadi artis Korea pertama yang berhasil menempati posisi pertama tangga lagu Hot 100 Billboard dan bertahan selama dua pekan.


Suga mengaku bahwa mereka sama sekali tak pernah menyangka hal tersebut terjadi. Namun, menurutnya kesuksesan tersebut diraih karena Dynamite mudah dinikmati banyak orang terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Lagu ini menarik dan mudah dinikmati siapapun dan generasi apa pun, terutama dalam situasi Covid-19, kami ingin menciptakan lagu yang ceria dengan lirik yang membangkitkan semangat. Kami sangat senang karena orang-orang menikmati lagu ini dan mendapatkan energi dari lagu ini," kata Suga.

Terkait proses kreatif musik BTS selama ini, RM selaku leader mengungkapkan bahwa mereka tak terpaku pada satu cara. BTS kadang mengawali proses berkarya dari melodi. Bisa juga dimulai dengan tema atau kata yang akan mewakili album tersebut.

"Di saat kami berhasil sepakat pada satu kata kunci, kami semua akan berkumpul untuk membuat lagu, melodi, lirik, dan apa pun itu. Jadi, prosesnya seperti membuat puzzle saat kita membuat sebuah album," tutur RM.

Mengamini pernyataan RM, J Hope menganggap proses pembuatan musik BTS sulit karena ketujuh member memerlukan fokus dan perhatian tinggi dalam waktu yang panjang.

Namun, semua itu akan sepadan dengan hasil yang baik dan membuat mereka bangga dan merasakan pencapaian nyata.

"Kami membayangkannya seperti sakit saat melahirkan," ucap J-Hope.

[Gambas:Youtube]

Di balik itu semua, mereka menyatakan bahwa fan yang akrab disapa ARMY menjadi alasan BTS tetap berkarya sejak debut pada 2013 hingga saat ini.

V mengatakan bahwa energi dan dukungan ARMY mendorong BTS untuk terus maju. Ia bahkan menyebut ARMY menjadi bagian terbaik dalam pekerjaan ini.

Keseruan cerita BTS bisa didengarkan dalam podcast For The Record berjudul BTS: The Band, The Brand & The ARMY di sini.

(chri/has)