Penulis Novel Forrest Gump Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 18/09/2020 15:45 WIB
Winston Groom, penulis buku yang menjadi inspirasi untuk film peraih enam piala Oscar, Forrest Gump, meninggal dunia di usia 77 tahun. Winston Groom, penulis buku yang menjadi inspirasi untuk film peraih enam piala Oscar, Forrest Gump, meninggal dunia di usia 77 tahun. (Dok. Paramount Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Winston Groom, penulis buku yang menjadi inspirasi untuk film peraih enam piala Oscar, Forrest Gump, meninggal dunia di usia 77 tahun.

Karin Wilson selaku wali kota kampung halaman Groom meninggal, Fairhope, mengumumkan kepergian sang penulis melalui pernyataan di Facebook pada Kamis (17/9).

"Dengan sedih hati kami mengumumkan kepergian teman kesayangan kami, Winston Groom," tulis Wilson seperti dikutip AP.


Wilson menyatakan bahwa Alabama kehilangan salah satu penulis terbaik setelah ditinggal Winston Groom.

Gubernur Alabama, Kay Ivey, juga melontarkan hal serupa. Menurutnya, Groom akan terus dikenang melalui karya-karya klasiknya.

"Sedih mengetahui Alabama kehilangan salah satu penulis berbakat. Ia tak hanya akan selalu dikenang sebagai pencipta Forrest Gump, tapi juga jurnalis bertalenta dan penulis terkenal dalam sejarah Amerika," katanya.

Lulus dari Universitas Alabama pada 1965, Groom meniti karier sebagai jurnalis dan penulis. Namanya mulai dikenal setelah menerbitkan novel Forrest Gump pada 1985.

Buku itu menjadi inspirasi pembuatan film dengan tajuk serupa yang dirilis pada 1994. Dibintangi oleh Tom Hanks, film tersebut mengangkat kisah seorang pemuda polos yang menjadi saksi berbagai peristiwa bersejarah pada Abad 20.

Film itu meledak di pasaran dan menyabet enam piala Oscar, yaitu untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Efek Visual Terbaik, dan Penulisan Adaptasi Terbaik.

(has/has)