Felicity Jones Kenang Sosok Hakim Agung AS Ruth Ginsburg

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/09/2020 08:18 WIB
Aktris Felicity Jones turut mengenang sosok Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg yang dianggapnya sangat inspiratif. Aktris Felicity Jones turut mengenang sosok Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg yang dianggapnya sangat inspiratif. (Focus Features)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris Felicity Jones turut mengenang sosok Hakim Agung Amerika Serikat Ruth Bader Ginsburg yang meninggal pada Jumat (18/9) lalu waktu setempat.

"Ruth Bader Ginsburg memberi kami harapan, seorang figur publik yang membela integritas dan keadilan, sebuah tanggung jawab yang tidak bisa dianggap enteng," ujar Jones, dalam sebuah pernyataan, mengutip Entertainment Weekly.

Jones sempat memerankan sosok Ginsburg dalam film biografi On the Basis of Sex. Film yang dirilis pada 2018 itu mengisahkan kehidupan Ruth Bader Ginsburg sekaligus kasus-kasus hukum awal yang pernah ditanganinya. Saat itu, Ginsburg menjadi perempuan kedua yang bertugas di Mahkamah Agung AS.


Jones mengatakan bahwa sosok Ginsburg bakal sangat dirindukannya. Tak hanya karena sosoknya yang sangat ikonik, tapi juga karena kecerdasan, pemikirannya yang sangat tajam, dan sifat kemanusiaannya yang luar biasa.

"Dia mengajari banyak hal pada kita semua. Saya akan sangat merindukannya," kata Jones.

Sang sutradara film, Mimi Leader, juga turut memberikan penghormatan terakhirnya kepada Ginsburg dalam sebuah unggahan Instagram. "RBG [Ruth Bader Ginsburg], saya tidak akan pernah melupakanmu," tulisnya.

Bagi Leader, Ginsburg adalah sosok yang telah mengubah dunia dengan pikiran, hati, dan jiwa yang sangat kuat.

"Keberanian Ginsburg membuka jalan bagi kita semua. Kami akan melanjutkan perjuangan atas nama Anda," tambahnya.

Ginsburg meninggal dunia pada usia 87 tahun setelah berjuang melawan kanker pankreas yang diidapnya. Selama masa hidupnya, Ginsburg dikenal sebagai hakim agung yang sangat ikonik sekaligus aktivis gender AS.

Ginsburg konsisten bersuara soal berbagai masalah sosial, mulai dari hak aborsi, pernikahan sesama jenis, imigrasi, dan kesehatan.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]