Sinopsis Film Pihu, Kisah Balita Tanpa Pengawasan Orang Tua

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2020 05:05 WIB
Berikut sinopsis film Pihu yang diadaptasi dari kisah nyata tentang perjuangan hidup balita usia 2 tahun tanpa pengawasan orang tua. Berikut sinopsis film Pihu yang diadaptasi dari kisah nyata tentang perjuangan hidup balita usia 2 tahun tanpa pengawasan orang tua. (Foto: RSVP via IMdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film thriller India berjudul Pihu sebelumnya pernah tayang di bioskop Indonesia pada November 2018 lalu.

Saat ini, film Pihu karya sutradara Vinod Kapri, sudah bisa disaksikan kembali melalui Netflix. Berikut sinopsis film Pihu yang diadaptasi dari kisah nyata.

Film ini mengisahkan seorang balita bernama Pihu (Myra Vishwakarma) yang baru saja merayakan ulang tahun ke-2 di apartemen kediamannya.


Siapa sangka, sehari pasca kemeriahan pesta ulang tahun itu, Pihu si gadis kecil harus kehilangan sang ibu yang tewas bunuh diri dan sudah terbaring kaku di kasur, dengan luka lebam.

Pihu tak menyadari apa yang terjadi. Ia hanya bisa memanggil ibunya berkali-kali untuk bermain bersama sembari minta dibuatkan makanan. Namun dia mengira bahwa sang ibu tertidur pulas.

Sementara ayah Pihu sedang bertugas ke Kolkata, India, dan berangkat setelah pesta ulang tahun selesai. Saat itu tinggal Pihu seorang diri, terjebak bersama jasad ibunya yang terbaring di atas tempat tidur.

Film PihuSinopsis film Pihu mengisahkan balita usia 2 tahun yang terjebak di dalam apartemen bersama ibunya yang sudah meninggal. (RSVP via IMdb)

Pihu mengalami berbagai kesulitan ketika melakukan sesuatu sendiri tanpa pengawasan orang tua. Ia berjuang untuk hidup selama berhari-hari hanya di dalam apartemen.

Bahkan dalam beberapa adegan ditampilkan beberapa kejadian yang membahayakan Pihu kecil.

Sesekali ia terjatuh karena lantai licin, lalu terkena setrika panas.

Kondisi rumah mereka berantakan. Air kamar mandi pun meluap. Karena ibunya tak kunjung bangun, Pihu yang lapar mencoba membuat makanan dan menyalakan kompor. Malang, korsleting listrik terjadi.

Vinod Kapri sebagai penulis dari film Pihu, mengangkat kejadian berdasarkan kisah nyata pada 2014 silam di New Delhi, India. Ada seorang anak ditinggalkan sendiri di rumah bersama orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Kejadian pilu tersebut, dibawa Vinod sebagai latar belakang film Pihu. Selain itu, produksi film turut melibatkan Ronnie Screwvala, Siddharth Roy Kapur, dan Shilpa Jindal sebagai produser.

Pihu tayang secara perdana pada Festival Film Internasional India 2018, dan kembali diputar di Festival Film Internasional Fajr (Teheran).

Film berdurasi 1 jam 30 menit ini berhasil memenangkan kategori film fitur terbaik, di Festival Film Internasional Trans-Sahara ke-14.

Bahkan mendapat apresiasi Festival Film Internasional, meliputi Festival Film Internasional Vancouver, Festival Film Palm Spring (California), Festival Film India (Stuttgart). Selain itu, film Pihu menjadi suguhan film pembuka pada Festival Film Internasional India ke-48 (IFFI) 2017.

Berbagai penghargaan bagi film Pihu, tidak lepas dari sosok sutradara Vinod Kapri yang memiliki banyak prestasi. Sebelumnya, Vinod lebih lama menggeluti dunia jurnalistik selama 23 tahun dan didapuk sebagai jurnalis senior.

Ketertarikan Vinod di dunia film bermula dari menyutradarai berbagai dokumenter, seperti serangan parlemen 13 Desember, serangan 26/11 Mumbai dan pejuang antikorupsi Anna Hazare.

Kemudian berjudul Can't Take This Shit Anymore (2014) yang pernah memenangkan penghargaan nasional tak terlepas dari tangan dingin sang sutradara.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]