Penerbit Pastikan Novel Jessica Jung Bukan Autobiografi

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 20:51 WIB
Penerbit RH Korea mengatakan novel Shine bukan autobiografi Jessica Jung, melainkan sepenuhnya fiksi berdasarkan imajinasi sang penulis. Penerbit RH Korea mengatakan novel Shine bukan autobiografi Jessica Jung, melainkan sepenuhnya fiksi berdasarkan imajinasi sang penulis. (Screenshot via instagram.com (@jessica.syj))
Jakarta, CNN Indonesia --

Penerbit RH Korea mengklarifikasi pemberitaan terkait novel debut Jessica Jung eks-Girls' Generation. Mereka mengatakan novel Shine bukan autobiografi Jessica, melainkan sepenuhnya fiksi berdasarkan imajinasi dan kreativitas sang penulis.

"Terdapat kekeliruan dalam keterangan terkait novel Shine Jessica Jung dari perusahaan yang didistribusikan ke toko buku daring. Itu sepenuhnya fiksi," tulis RH Korea seperti dilansir Newsen.

Klarifikasi tersebut diberikan setelah pekan lalu, media lokal memberitakan Shine merupakan novel yang ditulis Jessica berdasarkan pengalamannya di industri hiburan Korea Selatan.


Berdasarkan keterangan tertulis yang tersebar di awal, SHine disebut sebagai novel yang dituliskan dengan realisme kehidupan seorang bintang K-pop yang menjalani proses pelatihan lama, penilaian keras dari orang-orang, rutinitas yang ketat, rasa iri yang seolah tak ada habisnya, serat perlakuan tidak adil yang dialami bintang perempuan.

Namun, RH Korea kini menegaskan kisah tersebut sepenuhnya fiksi. Mereka juga menyatakan kabar adaptasi novel itu menjadi film masih dalam tahap koordinasi.

"Kabar pembuatan film juga belum diputuskan tapi masih dalam tahap diskusi untuk produksi," tuturnya.

Sebelumnya, seperti dilansir Entertainment Weekly, buku tersebut juga dalam tahap diproduksi menjadi film. Produser Matt Kaplan yang sebelumnya sukses memproduksi To All the Boys I've Loved Before akan memproduksi novel Jessica Jung.

Dalam klarifikasi tersebut, RH Korea juga mengumumkan penundaan penerbitan novel Shine. Awalnya, novel yang aslinya ditulis dalam bahasa Inggris itu akan terbit akhir September. Namun, novel itu batal terbit hingga waktu yang belum ditentukan.

Buku itu sesungguhnya telah mendapatkan kontrak penerbitan di 11 negara dari Korea Selatan, Indonesia, Brasil, Vietnam, dan yang lainnya.

Shine mengisahkan seorang perempuan bernama Rachel Kim yang mendaftar untuk masuk agensi DB Entertainment dan berlatih sebagai trainee enam tahun di Korea Selatan untuk debut sebagai bintang K-pop.

Kehidupan Rachel Kim kemudian berubah total ketika bertemu dengan artis papan atas bernama Jason Lee.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]