Thomas Jefferson, Aktor Karib Spike Lee yang Tewas Ditembak

CNN Indonesia | Senin, 05/10/2020 14:23 WIB
Aktor Thomas Jefferson Byrd, yang membintangi beberapa film Spike Lee, meninggal dunia pada Sabtu (3/10) lalu dengan beberapa luka tembak di punggung. Aktor Thomas Jefferson Byrd, yang membintangi beberapa film Spike Lee, meninggal dunia pada Sabtu (3/10) lalu dengan beberapa luka tembak di punggung. (AFP/Astrid Stawiarz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Thomas Jefferson Byrd, yang membintangi beberapa film Spike Lee, meninggal dunia di Atlanta, Georgia pada Sabtu (3/10) lalu dengan beberapa luka tembak di punggung.

Thomas Jefferson Byrd merupakan aktor kelahiran 25 Juni 1950 di Georgia, AS. Ia memperoleh gelar sarjana sains dari Morris Brown College yang kemudian mendapat gelar master seni rupa di bidang tari dari California Institute of the Arts.

Ia memulai debut sebagai aktor sejak 1995 dengan berperan sebagai Errol Barnes dalam film Clockers yang disutradarai Spike Lee.


Sejak saat itu, Jefferson Byrd sering membintangi film-film karya sutradara da 5 Bloods tersebut, seperti Get on the Bus (1996), Bamboozled (2000), Red Hook Summer (2012), dan Chi-Raq (2015). Ia juga tampil dalam serial Netflix karya Lee yang bertajuk She's Gotta Have It (2017-2019).

Ia juga sempat muncul dalam serial Law & Order: Criminal Intent sebagai Curtis Romney dalam episode Mad Hops.

Thomas Jefferson Byrd juga bermain teater pada 2003 dalam Ma Rainey's Black Bottom yang membuatnya masuk nominasi Tony Award for Best Featured Actor in a Play.

Sebelumnya, juru bicara Departemen Kepolisian Atlanta menyampaikan bahwa petugas menerima panggilan darurat sekitar pukul 1.45 dini hari waktu setempat. Setibanya di lokasi, pihak berwenang mengatakan mereka menemukan seorang pria terbaring sudah tanpa respons.

Sebagaimana dilansir E!News, tim medis darurat (EMS) juga menanggapi panggilan serupa dan tak lama setelahnya, mereka mengumumkan bahwa pria tersebut telah meninggal dunia.

Korban kemudian diidentifikasi sebagai Byrd. Dia berumur 70 tahun. Saat ini, belum ada keterangan jelas terkait situasi apa yang melingkupi insiden tersebut. Pihak Departemen Kepolisian Atlanta menyampaikan bahwa kematian Byrd saat ini masih diselidiki.

Spike Lee melalui Instagram memberikan penghormatan kepada mendiang aktor yang dekat dengannya tersebut. Sutradara Da 5 Bloods itu kemudian menyampaikan duka cita dan mengajak pengikutnya untuk mendoakan Byrd.

"Saya sangat sedih untuk mengumumkan pembunuhan tragis saudara terkasih kami, Thomas Jefferson Byrd semalam di Atlanta, Georgia," tulis Lee di Instagram, Minggu (4/10) waktu Amerika.

(chri/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK