Sutradara Suicide Squad Konfirmasi Versi Director's Cut

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 10:24 WIB
Sutradara Suicide Squad, David Ayer, mengkonfirmasi bahwa film yang ia garap ini memiliki versi director's cut. Foto ilustasi. Film Suicide Squad. (Dok. Warner Bros Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Suicide Squad, David Ayer, mengkonfirmasi bahwa film yang ia garap ini memiliki versi director's cut.

Pernyataan tersebut ia sampaikan melalui akun twitter pribadi. Semua berawal dari kicauan pengguna akun twitter @Andy_BITW yang membahas Suicide Squad versi director's cut.

"Saya sudah menonton (Suicide Squad) versi saya (director's cut) untuk pertama kali sejak itu ditinggalkan. Itu luar biasa," penggalan kicauan Ayer.


Ia mengaku merasa bersalah selama beberapa tahun karena meninggalkan Suicide Squad versi director's cut hingga keberadaannya diragukan. Kini Ayer merasa baik-baik saja karena film itu luar biasa.

Pada Juli lalu, tagar #ReleaseTheAyerCut bahkan sempat trending di jagat Twitter. Tagar itu digaungkan penggemar setelah kabar rumah produksi Warner Bros. akan merilis Justice League (2016) versi director's cut.

"[Suicide Squad] Versi saya akan mudah diselesaikan. Bagi saya ini akan menjadi luar biasa," kata Ayer pada Juli lalu.

Bila terwujud, Suicide Squad versi Ayer's Cut masuk dalam kategori director's cut, sebuah film yang secara khusus digarap sesuai dengan keinginan sutradara. Bukan keinginan produser atau rumah produksi.

Kata 'cut' sendiri merujuk pada proses penyuntingan atau pemotongan adegan yang biasa dilakukan dalam pembuatan film. Biasanya pemotongan adegan dalam proses penyuntingan dilakukan dua tahap.

Film yang tayang di bioskop umumnya mengalami banyak pemotongan adegan agar durasi tidak terlalu lama dan bisa tayang beberapa kali dalam satu hari. Pemotongan adegan ini kerap tak sesuai dengan keinginan sutradara.

Kala itu, Ayer juga mengungkapkan akhir alternatif Suicide Squad. Pada akhir alternatif Joker bergabung dengan karakter antagonis bernama Enchantress (Cara Delevingne), kemudian melawan Suicide Squad yang beranggotakan tujuh orang.

"Ya, saya melakukan itu. Sudah disyuting dan diedit. Tentu saja kamu tidak diizinkan melihat itu," balas Ayer pada pengguna akun @AnirudhChakrav5 yang bertanya dan mengunggah penggalan naskah.

Adegan akhir yang tertera dalam naskah itu berbeda dengan dalam Suicide Squad yang tayang di bioskop. Joker tidak bergabung dengan Enchantress, bahkan porsinya dalam film ini sangat sedikit.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK