Disney Beri Peringatan Konten Rasisme di Film-film Lama

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 04:50 WIB
Disney menambahkan peringatan konten berbau rasisme di awal film-film klasik mereka yang tersedia di layanan streaming Disney+. Ilustrasi. (AFP/Valerie Macon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Disney menambahkan peringatan konten berbau rasisme di awal film-film klasik mereka yang tersedia di layanan streaming Disney+.

AFP melaporkan bahwa saat ini, para pengguna Disney+ akan disambut peringatan mengenai konten berbau rasisme sebelum menonton film-film klasik, seperti Peter Pan.

"Program ini mengandung penggambaran negatif dan/atau kesalahan dalam memperlakukan sebagian orang atau kebudayaan," demikian bunyi peringatan yang wajib ditonton terlebih dulu itu.


Peringatan ini muncul tak lama setelah Disney menjadi sasaran protes karena film-film klasik mereka mengandung konten berbau rasisme.

Dalam Peter Pan, misalnya, ada penggambaran negatif tentang karakter berlatar belakang suku Amerika asli yang dijuluki "redskins."

"Daripada menghapus konten ini, kami ingin memberi tahu dampak negatifnya, belajar dari kesalahan itu, dan mengembangkan pembicaraan demi menciptakan masa depan yang lebih inklusif," tulis Disney.

Selain Peter Pan, sejumlah film lain juga mendapatkan tambahan peringatan konten rasisme, termasuk Dumbo, Aristocats, dan Swiss Family Robinson.

Ini bukan kali pertama Disney menjadi sasaran kritik terkait rasisme. Sebelumnya, mereka juga menuai kecaman karena masih menggunakan tema "Splash Mountain" untuk salah satu wahana di Disneyland.

Splash Mountain sendiri terinspirasi dari film Disney tahun 1946 yang kontroversial, Song of the South. Film itu dianggap mengandung rasisme terkait keadaan pasca-Perang Sipil.

Setelah dibanjiri kecaman, Disney akhirnya memutuskan untuk mengganti wahana tersebut dengan tema The Princess and the Frog, film pertama mereka yang mengangkat cerita tentang putri kulit hitam.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK