Sinopsis Legally Blonde, Perjuangan Gadis Pirang Lawan Stigma

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 12:42 WIB
Berikut sinopsis Legally Blonde yang termasuk film bersejarah dalam karier Reese Witherspoon. Film Legally Blonde termasuk film bersejarah dalam karier Reese Witherspoon. Berikut sinopsis Legally Blonde. (Dok. MGM via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Legally Blonde termasuk film bersejarah dalam karier Reese Witherspoon. Tayang pada 2001, film komedi ini amat melejitkan nama aktris berambut pirang tersebut bahkan terbilang masih melekat padanya hingga kini. Berikut sinopsis Legally Blonde.

Legally Blonde mengisahkan perjalanan Elle Woods (Reese Witherspoon) yang berusaha melawan stigma terhadap gadis pirang. Dalam masyarakat Amerika Serikat, gadis pirang kerap diidentikkan dengan gadis yang hanya menjual tampang tanpa memiliki akal yang cerdas.

Elle sendiri termasuk dalam kategori tersebut. Ia lahir dari keluarga yang kaya, tinggal di perumahan mewah di Bel Air, Beverly Hills. Hidupnya tipikal gadis California yang hanya berkisar pada mode, pesta, dan menikmati hidup.


Meski begitu, ia terbilang merupakan sosok yang pintar, untuk kalangannya. Ia juara kontes kecantikan, pemimpin di asrama mahasiswi, dan memiliki IPK 4,00 untuk jurusan penjualan fashion meski dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Ia pun memiliki pacar tampan, Warner Huntington III (Matthew Davis).

Namun hidup Elle mulai berubah ketika Warner diminta oleh keluarganya untuk pindah kuliah ke Harvard Law School. Warner, yang dikenal banyak orang cuma modal ganteng dan tajir, dipaksa mengikuti tradisi keluarganya yang aristrokrat dan biasanya berprofesi sebagai pengacara atau politisi.

Elle tak ingin kehilangan Warner. Ia pun berusaha sekuat tenaga untuk bisa masuk Harvard Law School, gol yang membuat semua orang di lingkungannya tertawa, termasuk oleh keluarga dan sahabatnya sendiri. Niatnya pun hanya sekadar merebut kembali Warner ke pelukannya.

Hanya bermodal tekad dan kepercayaan diri, Elle Woods pun berjuang lolos ujian seleksi bersama di AS atau LSAT. Secara mengejutkan, ia lolos ke Harvard Law School dengan nilai sedikit di atas batas minimum.

Namun perjuangan Elle belum selesai. Begitu ia masuk Harvard Law School yang sebagian besar merupakan masyarakat konservatif, Elle harus berjuang bukan hanya membuktikan bahwa dirinya mampu, tapi juga untuk menemukan cinta sejatinya sekaligus melawan stigma terhadap kaum perempuan, terutama untuk mereka yang pirang.

Film garapan Robert Luketic ini sebenarnya merupakan adaptasi dari novel bertajuk sama karya Amanda Brown. Meski komedi, film ini juga mengangkat berbagai kasus kriminal yang harus dipelajari oleh Elle Woods dengan bumbu gaya khasnya sebagai gadis kaya yang manja.

Film Legally Blonde (2001).Film Legally Blonde (2001). Dalam masyarakat Amerika Serikat, gadis pirang kerap diidentikkan dengan gadis yang hanya menjual tampang tanpa memiliki akal yang cerdas. (Dok. MGM via imdb.com)

Film dengan bujet US$18 juta ini menuai kesuksesan baik secara komersil maupun pujian dari kritikus. Secara komersial, film ini menuai pendapatan box office hingga US$141,8 juta.

Dalam ajang penghargaan, Legally Blonde juga menuai banyak nominasi juga piala, terutama untuk aksi Reese Witherspoon sebagai Elle Woods. Witherspoon mendapatkan nominasi Best Actress di Golden Globe Awards 2002.

Film ini pun mendapatkan nominasi Best Motion Picture: Musical or Comedy di Golden Globe Awards 2002.

Legally Blonde bukan hanya sukses secara komersil dan sinematik. Film ini juga dianggap sebagai pembawa pesan feminisme yang kuat namun dengan gaya yang cerdas dan mudah untuk dipahami.

Apalagi bagi mereka yang tengah menempuh pendidikan perguruan tinggi dan mendapatkan stigma dari lingkungan sekitar, film ini kerap dianggap sebagai pemberi inspirasi.

[Gambas:Youtube]



Kesuksesan Legally Blonde sempat coba diikuti dengan sekuelnya, Legally Blonde 2: Red, White, & Blonde pada 2003. Namun film tersebut tak sanggup mengungguli film prekuelnya.

Pada 2018 lalu, Reese Witherspoon memberi kepastian keterlibatannya dalam proyek 'Legally Blonde 3' yang sebelumnya dikabarkan tengah dalam proses penulisan. MGM sendiri berencana merilis Legally Blonde 3 pada Februari 2020 namun tertunda karena pandemi.

Selain Reese Witherspoon dan Matthew Davis, Legally Blonde juga dibintangi oleh Luke Wilson, Selma Blair, Victor Garber, dan Jennifer Coolidge.

(end/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK