Netizen Kaget Kopi Dangdut Jiplakan Lagu Latin Tempo Dulu

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 17:26 WIB
Netizen di twitter kaget setelah mengetahui lagu Kopi Dangdut diduga menjiplak lagu latin asal Venezuela bertajuk Moliendo Cafe. Foto ilustrasi. Cuplikan video klip Kopi Dangdut. (Dok. Youtube Media Cipta Persada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen di twitter kaget setelah mengetahui lagu Kopi Dangdut diduga menjiplak lagu latin asal Venezuela bertajuk Moliendo Cafe.

Pembahasan lagu Kopi Dangdut mulai ramai setelah dikicaukan oleh akun @rakyatjelataTV. Akun itu mengunggah video lagu Moliendo Cafe sembari memberi keterangan singkat.

"Lagu ini ada banyak versi [katanya sampai 800 versi] dalam berbagai bahasa. Di Jepang, judul lagu ini dikenal 'Coffee Rumba'. Di Indonesia, lagu ini diberi judul 'Kopi Dangdut'," tulis @rakyatjelataTV.


Kicauan itu direspons oleh sejumlah pengguna twitter, beberapa di antaranya adalah pengguna akun @segomawutt, @vitoferdinanr_, dan @pikirpribadi. Mereka kaget bahwa Kopi Dangdut tidak orisinal.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, lagu Moliendo Cafe menjadi perdebatan antara Hugo Blanco dengan pamannya, Jose Manzo Perroni. Hugo mengklaim membuat lagu itu pada 1958.

Kala itu ia belum cukup umur untuk mendaftarkan karya ke perkumpulan penulis dan komposer lagu sehingga meminta Jose untuk mendaftarkan. Beberapa tahun kemudian Jose menuntut Hugo dengan tuduhan mencuri lagu Moliendo Cafe.

Hugo baru merekam Moliendo Cafe pada tahun 1961. Sejak itu lagu ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia dan banyak dibawakan ulang atau dimodifikasi oleh sejumlah musisi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

[Gambas:Youtube]

Bila mencermati lirik, lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang menggiling kopi di malam hari. Ia merasa frustrasi karena harus menjalani hidup dengan bekerja, bukan menjalani hidup dengan hubungan percintaan.

Sementara, lagu Kopi Dangdut dinyanyikan oleh Fahmi Shahab yang dirilis pada 2001 silam. Nada Kopi Dangdut dan cara musisi bernyanyi membawakan lagu ini sama dengan Moliendo Cafe.

[Gambas:Youtube]

Namun, dari segi lirik dan tema, Kopi Dangdut jauh berbeda dengan Moliendo Cafe. Kesamaan lirik pada dua lagu ini hanya ada pada kata kopi, sementara sisanya jauh berbeda.

Belakangan lagu Kopi Dangdut kembali dikenal karena sering digunakan oleh pengguna platform media sosial TikTok sebagai latar musik untuk berjoget.

(adp/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK