Riuh Seleb Hollywood Saksikan Debat Terakhir Trump-Biden

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 11:41 WIB
Para selebritas Hollywood kembali bereaksi kala menyaksikan debat terakhir calon presiden AS, Donald Trump dan Joe Biden, Kamis (22/10). Salah satu reaksi terpanas mengenai debat terakhir Donald Trump-Joe Biden datang dari bintang Marvel, Mar Ruffalo. (AFP Photo/Angela Weiss)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para selebritas Hollywood kembali bereaksi kala menyaksikan debat terakhir calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Joe Biden, yang berlangsung Kamis (22/10) malam waktu AS.

Salah satu reaksi terpanas datang dari bintang Marvel, Mar Ruffalo. Melalui Twitter, ia mengomentari banyak hal dari debat itu, seperti penanganan pandemi Covid-19 di AS, imigran, hingga rasisme.

"Komentar rasis Trump tentang memberi tahu pinggiran kota bahwa Corey Booker akan merusak lingkungan mereka dengan 'Perumahan Terjangkau' adalah rasis," kicau Mark Ruffalo.


Sementara itu, aktris pemeran dalam Insatiable, Alyssa Milano, membahas pernyataan Biden yang mempertanyakan alasan Trump tak kunjung mengungkap catatan pajaknya kepada publik.

"APA YANG DISEMBUNYIKAN TRUMP? Semuanya," kata @Alyssa_Milano.

Dalam debat, Biden memang menagih janji Donald Trump untuk merilis catatan pembayaran pajak yang terus dijanjikan sejak beberapa tahun terakhir.

Biden menyebut Trump belum merilis setahun pun pembayaran pajak. Dia menuding capres petahana itu menyembunyikan sesuatu.

"Anda belum merilis satu tahun pun dari pengembalian pajak Anda. Apa yang kamu sembunyikan? Mengapa Anda tidak mau?" ucap Biden.

Secara keseluruhan, debat Trump dan Biden kali ini mengangkat sejumlah tema, yaitu "Memerangi Covid-19", "Keluarga Amerika", "Ras di Amerika", "Perubahan Iklim", "Keamanan Nasional", dan "Kepemimpinan".

Trump menyatakan bahwa kasus Covid-19 turun drastis di AS. Trump juga mengklaim bahwa angka kematian akibat Covid-19 di AS turun sebesar 85 persen. Dia menyebut bahwa angka kematian di AS jauh lebih rendah dari negara manapun di dunia.

Sementara itu, Joe Biden menyatakan siapa pun yang bertanggung jawab atas banyak kematian akibat Covid-19 di AS tidak boleh menjadi presiden.

Ia juga menyinggung bahwa masa terburuk dari virus mungkin saja belum tiba. Menurutnya, AS akan memasuki kegelapan dan Trump tidak memiliki rencana yang jelas bagi sebagian besar warga AS sebelum pertengahan tahun depan.

Dalam debat, Trump juga membantah mendapat uang dari Presiden Rusia, Vladimir Putin. Sementara itu, Biden menyatakan bakal membatalkan langkah kebijakan luar negeri Trump dan memulihkan norma-norma internasional pra-Trump demi "menempatkan Amerika kembali menjadi pemimpin."

Aktor Star Trek George Takei turut mengomentari secara langsung keseluruhan perdebatan antara Trump dan Biden.

"Biden terdengar jelas, mampu, dan fokus. Trump terdengar seperti... yah Trump," katanya.

(chri/has/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK