Super Junior Bakal Gelar Jumpa Fan Rayakan Hari Jadi Ke-15

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 12:21 WIB
Super Junior akan menggelar acara jumpa penggemar secara virtual dalam rangka merayakan hari jadi mereka yang ke-15. Super Junior akan menggelar acara jumpa penggemar secara virtual dalam rangka merayakan hari jadi mereka yang ke-15. (Dok. Label SJ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Super Junior akan menggelar acara jumpa penggemar secara virtual pada 7 November mendatang dalam rangka merayakan hari jadi mereka yang ke-15.

Mereka mengumumkan rencana acara bertajuk Invitation itu melalui sejumlah media sosial pada Jumat (23/10).

"Beyond LIVE - SUPER JUNIOR 15th Anniversary Special Event - Invitation. 2020.11.07 5PM KST," tulis @SJofficial.


Acara tersebut akan digelar pada 7 November pukul 15.00 WIB dan bisa disaksikan melalui aplikasi V Live. Pembelian tiket akan dimulai pada 27 Oktober pukul 13.00 WIB melalui aplikasi V Live atau laman YES24.

Sebelumnya, Super Junior juga menggelar konser virtual Beyond Super Show pada Mei lalu yang menjadi acara virtual pertama mereka. Sejak Januari 2020, Super Junior sudah berpisah dari ELF akibat wabah virus corona.

Kala itu, Super Junior memutuskan menggelar comeback, Super Junior The Stage, pada 28 Januari secara tertutup tanpa kehadiran penggemar demi menjaga keamanan dan kesehatan banyak orang. Mereka menggelar acara itu usai merilis album repackage Timeless.

Super Junior merupakan grup buatan SM Entertainment yang debut pada 6 November 2005 lewat acara musik Popular Song di SBS. Kala itu, mereka menyanyikan single Twins (Knock Out).

Awalnya, Super Junior debut dengan 12 anggota, yakni Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum.

Pada 2006, SM menambahkan Kyuhyun ke dalam formasi, membuat nama grup akhirnya berubah menjadi Super Junior seperti yang dikenal saat ini. Setelah itu, mereka merilis single 'U' yang diunduh 400 ribu kali hanya dalam lima jam.

Pada tahun yang sama, SM Entertainment membuat sub-unit baru Super Junior, Super Junior-K.R.Y, yang beranggotakan para main dan lead vocalist, yakni Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung.

KRY bukan satu-satunya sub-unit yang pernah dibuat. Super Junior juga memiliki Super Junior-M yang menyanyikan lagu-lagu Mandarin dengan anggota Hangeng, Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, dan dua anggota baru, yakni Henry dan Zhoumii.

SuJu juga memiliki Super Junior-T (Trot), Super Junior-H (Happy Happy), dan Super Junior-D&E (Donghae dan Eunhyuk).

Sepanjang perjalanan karier SuJu, 2009 menjadi salah satu tahun terbaik Super Junior. Nama mereka mulai mendunia setelah merilis Sorry Sorry.

Album itu terjual 29 ribu kopi setelah dirilis. Sorry Sorry menjadi album terlaris di Korea Selatan tahun itu dengan capaian 250 ribu kopi. Tak hanya di Korea, Sorry Sorry juga menjadi album terlaris di Taiwan, Thailand, China, dan Filipina.

Super Junior Dok. SM TownSuper Junior. (Dok. SM Town)

Sejak debut, Super Junior meraih banyak penghargaan seperti Favorite Artist of Korea MTV Asia Awards 2008, Must Follow Personality Mashable Awards 2010, Choice International Artist dan Choice Fandom (ELF) dalam Teen Choice Awards 2015, Best Live Act World Music Awards 2013, Global Artist Hollywood Music Awards 2015, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, mereka juga menjadi The Goodwill Ambassador Korea 2008, Taiwan Tourism Ambassador 2010, Duta Palang Merah Nasional Korea, Duta Makanan Korea, Duta Seoul Summer Sale 2011, Duta Besar Kehormatan Distrik Gangnam, Seoul 2012.

Namun di tengah kesuksesan itu, mereka juga harus menghadapi sejumlah masalah, mulai dari Kibum yang tak ikut promosi dan memilih mundur karena ingin fokus akting, Kangin terlibat kasus tabrakan, hingga permasalahan kontrak Hangeng dengan SM Entertainment.

Jumlah anggota Super Junior pun perlahan mulai berguguran, mulai dari Kibum, Hangeng, Henry, hingga yang terakhir Kangin keluar pada 2019.

Sementara itu, Sungmin kini masih 'hiatus' dari seluruh aktivitas Super Junior sejak menikah pada 2015.

(chri/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK