Daftar Film Horor Indonesia, Kuntilanak hingga Pocong

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 15:33 WIB
Berikut 8 film horor Indonesia dengan sosok hantu ikonik, mulai dari pocong, genderuwo, hingga sundel bolong yang dijamin bakal meneror malam Anda. Berikut 8 film horor Indonesia dengan sosok hantu ikonik, mulai dari pocong, genderuwo, hingga sundel bolong yang dijamin bakal meneror malam Anda. (Film Pocong 2 - Foto: Sinemart Pictures via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di antara banyaknya cerita seram dan mistis di Indonesia, sosok makhluk halus atau hantu cukup familiar bagi masyarakat Tanah Air.

Jika di luar negeri punya vampir, zombie, atau monster yang menakutkan, Indonesia juga punya sosok yang tak kalah terkenal nan menyeramkan. Sebut saja kuntilanak, pocong, jelangkung, genderuwo, dan masih banyak roh lainnya.

Kehadiran sosok hantu yang tak kasatmata ini lantas menjadi 'genre' menarik bagi para filmmaker untuk dihasilkan menjadi sebuah karya.


Tentunya, tak luput dengan mengeksplorasi psikologi karakter si hantu dan didukung dengan suara-suara dan suasana mencekam.

Berikut rekomendasi 8 film horor Indonesia tentunya dengan kehadiran sosok makhluk gaib khas Indonesia yang layak ditonton ulang bersama teman, keluarga, atau bahkan uji nyali sendirian.

1. Jelangkung (2001)

[Gambas:Youtube]

Film yang terkenal dengan slogan 'Datang tak dijemput, pulang tak diantar' ini mengisahkan empat sekawan Ferdi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie ariyanto), Gembol (Rony Dozer), Soni (Harry Pantja) yang mempunyai satu kesamaan: Menjajah tempat-tempat angker.

Suatu hari keempat sekawan ini mendengar kabar suatu daerah yang cukup seram, bernama Angkerbatu. Mereka memutuskan mendatangi dan menjajal kisah di balik hilangnya para penduduk Angkerbatu secara misterius.

Selama masa eksplorasi, keempat sekawan ini hanya menemukan sebuah makam tak bertuan. Tidak menemukan jawaban dari rasa penasaran mereka atas hilangnya orang-orang dan makam misterius, mereka pun memutuskan untuk pulang.

Namun kemudian, sebelum pulang salah satu dari mereka, memutuskan mencari ilmu gaib menggunakan ritual jelangkung di depan makam tak bertuan.

Ketiga temannya yang mengetahui marah dan memaksa untuk berhenti. Kecewa karena tak berhasil mendapatkan ilmu gaib, keempatnya pulang dan meninggalkan boneka jelangkung yang masih tertancap di atas makam.

Rentetan peristiwa aneh mulai terjadi dan mengganggu kehidupan mereka. Keempatnya dihantui oleh sesosok hantu yang mengerikan.

Film garapan sutradara Rizal mantovani dan Jose Purnomo 19 tahun lalu ini digadang-gadang sebagai pemicu bangkitnya film horor Indonesia, sehingga layak untuk ditonton ulang.


2. Kuntilanak (2006)

[Gambas:Youtube]

Rizal Mantovani kembali menyutradarai film horor Kuntilanak pada 2006 silam. Film yang dibintangi Julie Estelle (Samantha) sebagai tokoh utama, Evan Sanders (Agung), Ratu Felisha (Dinda), Ibnu Jamil (Iwan), Alice Iskak (Sri), dan Lita Soewardi (Bu Yanti).

Film ini berkisah tentang Samantha yang memiliki kemampuan magis melihat makhluk halus. Setelah kematian ibunya, Samantha memutuskan menyewa kamar indekos di pinggir kota.

Kamar indekos yang Samantha sewa berada dekat area pemakaman dengan pohon beringin besar di depannya. Dari penduduk sekitar, Samantha mengetahui pohon itu diberi nama sebagai pohon kuntilanak.

Pemilik kos Ibu Yanti, menceritakan sejarah bangunan yang kini menjadi tempat kos itu. Dahulu, satu keluarga produsen batik bernama Mangkoedjiwo membuat pabrik batik dan mess pekerja di sana.

Namun kemudian, terjadi kebakaran besar yang meratakan harta Mangkoedjiwo. Hanya rumah besar saja yang tersisa dan layak huni.

Perbincangan sejarah kos berubah menjadi petaka setelah Yanti menembangkan sebuah durmo di depan Sam. Sam yang memiliki kemampuan magis, tanpa sadar ikut nembang durmo memanggil kuntilanak yang menjadi teror bagi penghuni indekos.

Kesuksesan film Kuntilanak membuat Rizal Mantovani meneruskannya lewat dua buah sekuel. Namun, Kuntilanak pertama layak Anda tonton ulang.


3. Pocong 2 (2006)

[Gambas:Youtube]

Film horor Indonesia berjudul Pocong 2 mungkin satu-satunya film sekuel tanpa ada film pertamanya. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dengan Monty Tiwa sebagai penulis cerita.

Bercerita tentang Maya (Revalina S.Temat) seorang yatim piatu yang bekerja sebagai asisten dosen dan adiknya Andin (Risty Tagor) yang masih duduk di bangku SMA.

Maya yang melihat Andin masih dirundung rasa kehilangan orang tua mereka, memutuskan mencari tempat tinggal baru agar Andin merasa lebih baik, nyaman, dan mendapat dukungan yang terbaik dari lingkungannya.

Ditemani Adam (Ringgo Agus Rahman) tunangan Maya, Maya pindah ke sebuah apartemen yang ia temukan dari iklan baris di koran.

Lingkungan apartemen tersebut membuat Maya jatuh cinta dan yakin Andin akan menyukainya. Namun, setelah kepindahan mereka ke apartemen, banyak kejadian ganjil mulai mengganggu kehidupan kakak-adik ini.

Andin dihantui bisikan dan penampakan aneh hingga membuat dirinya depresi berat. Maya yang awalnya tak percaya dengan cerita Andin, memutuskan pergi ke paranormal untuk mencari tahu gangguan apa yang diterima adiknya.

Sepulangnya dari paranormal, Maya berusaha keras mencari tahu kenapa adiknya menjadi sasaran gangguan para makhluk halus.

Ternyata yang Maya hadapi tak sekadar setan. Lebih dari itu, ada hal misterius yang mengancam nyawa adiknya.


4. Legenda Sundel Bolong (2007)

Legenda Sundel BolongFoto: Dok. Rapi Films
Daftar film horor Indonesia: Legenda Sundel Bolong menceritakan tentang teror hantu sundel bolong yang menuntut balas

Film horor garapan Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Jian Batari Anwar, Baim, dan Tio Pakusadewo.

Bercerita tentang seorang penari ronggeng yang cantik jelita bernama Imah (Jian Batari), yang memutuskan berhenti menjadi penari ronggeng akibat stigma buruk masyarakat tentang profesi penari ronggeng.

Imah dan suaminya Sarpah (Baim) kemudian memutuskan berpindah desa tempat Sarpah bekerja sebagai pemetik teh di kebun milik seorang juragan bernama Danapati (Tio Pakusadewo).

Meski telah pindah ke desa lain, profesi Imah dulu sebagai penari ronggeng rupanya tak disukai warga desa setempat. Hingga kabar kecantikan dan kemolekan tubuhnya terdengar oleh Danapati.

Tergoda untuk mendapatkan Imah, ia mengutus suaminya Sarpa untuk pergi mengambil bibit teh di Sumatera.

Hingga pada suatu kesempatan setelah ditinggal pergi Sarpa, Danapati memerkosa Imah. Setelah peristiwa tersebut, muncul banyak kejadian aneh di desa. Banyak pembunuhan dengan luka bolong di punggung terjadi.

Keresahan muncul di antara warga dan mulai terjadi saling tuding penyebab dari kejadian aneh tersebut. Sementara teror hantu sundel bolong terus bergentayangan untuk menuntut balas.

5. Pembalasan Ratu Laut Selatan (1989)

Pembalasan Ratu Laut Selatan (1989)Foto: 108 Sound Studio via Imdb
Daftar film horor Indonesia: Pembalasan Ratu Laut Selatan adalah film tentang Nyi Roro Kidul

Film horor Indonesia ini diproduksi dengan kolaborasi dengan sineas dan aktor-aktris internasional, yang kemudian dirilis secara internasional juga.

Film yang juga berjudul 'Lady Terminator' ini disutradarai oleh Tjut Djalil dan dibintangi oleh aktris senior Yurike Prastika dan sejumlah pemain asing.

Berkisah tentang seorang antropolog bernama Tania (Barbara Anne Constable) yang penasaran akan legenda Ratu Laut Selatan. Ia mencari dan mendapatkan petunjuk keberadaan sang ratu. Dirinya kemudian menyewa kapal dan mendatangi tempat kediaman sang ratu.

Pertemuan keduanya berakhir dengan Tania menjadi sekutu Nyi Roro Kidul. Tania yang dirasuki kuasa Nyi Roro Kidul ingin membalas dendam kepada keturunan yang telah mengalahkan Nyi Roro Kidul ratusan tahun lalu.

Film ini menuai kontroversi saat dirilis pertama kali. Banyak adegan dalam film ini dianggap menonjolkan kekerasan dan eksploitasi seksual.

Meski sempat ditarik Badan Sensor Film, namun pada 1994 Pembalasan Ratu Laut Selatan kembali tayang dengan sensor pada adegan vulgar dan hanya berdurasi 80 menit.


6. Gondoruwo (1981)

Gondoruwo adalah film drama horor yang disutradarai Ratno Timoer pada 1981, dan dibintangi oleh Ratno Timoer sendiri dan Farida Pasha.

Berawal dari kepindahan keluarga Gunawan (Ratno Timoer) ke rumah tua peninggalan belanda. Ada rumor misteri harta karun terkubur di dalam rumah itu.

Hanya satu orang yang mengetahui rahasia harta karun di rumah itu, meski tidak tahu letak persisnya.

Untuk memenuhi ambisinya, sang pelayan bersekongkol dengan gondoruwo untuk mengganggu penghuni rumah dan mencari keberadaan harta karun misterius.

7. Wewe (2015)

Nabilah JKT48 dalam salah satu adegan film Wewe.Foto: Dok. Rapi Films
Daftar film horor Indonesia: Wewe, menceritakan tentang anak yang diculik Wewe ke dimensi lain

Film horor Wewe erkisah tentang keluarga yang beranggotakan empat orang. Sang ayah bernama Jarot (Agus Kuncoro), ibu Irma (Inong Nidya Ayu), dan kedua putrinya Luna (Nabilah JKT48) dan Aruna (Khadijah Banderas).

Setelah pindah tugas, Jarot menempati sebuah rumah yang jauh dari pusat kota. Di rumah tersebut, tinggal bersama mereka seorang asisten rumah tangga bernama Bu Surti yang telah mengabdi belasan tahun.

Tidak ada yang aneh dari rumah besar itu, kecuali sebuah ranjang tua yang berada di ruangan lantai atas. Ranjang tua dari kayu jati ini memiliki bentuk dan ukiran aneh. Ukirannya menyerupai seorang perempuan yang sedang berteriak.

Kehidupan mereka mulai terusik setelah sikap Aruna berubah. Sejak kepindahan mereka ke rumah itu, sosok Aruna yang periang dan aktif, menjadi pemurung.

Perubahan ini tak disadari kedua orang tuanya yang sibuk bekerja. Hanya Luna yang memperhatikan perubahan pada Aruna.

Permasalahan bertambah saat Surti berhenti kerja. Lantaran Surti melihat sosok yang mengganggu Aruna.

Hingga pada suatu hari, Aruna hilang tanpa jejak. Kini ketiga anggota keluarga harus berusaha menyelamatkan Aruna dari culikan setan Wewe yang tinggal di dimensi lain.

Film berdurasi 100 menit ini disutradarai Rizal Mantovani dengan Bayu Abdinegoro dan Anto Nugroho sebagai penulis skenarionya.

8. Bernapas dalam Kubur (2018)

Film 'Suzzanna Bernapas dalam Kubur'. (dok. Soraya Intercine Films)Foto: dok. Soraya Intercine Films
Daftar film horor Indonesia: Suzzanna Bernapas dalam Kubur adalah film remake berjudul sama.

Film remake Bernapas dalam Kubur yang disutradarai Sony Soraya dan Anggi Umbara Ini mencoba membangkitkan kharisma sosok Suzzanna, yang terkenal sebagai ratu horor Indonesia.

Karakter Suzzanna diperankan oleh Luna Maya yang berduet dengan Herjunot Ali sebagai Satria, suami Suzzanna.

Cerita bermula dari kehidupan pernikahan selama 7 tahun yang harmonis. Pasangan ini hidup tenteram dan bahagia, namun belum dikaruniai seorang anak.

Kehidupan mereka berubah saat Satria harus berangkat ke luar negeri dan meninggalkan Suzzanna sendiri. Pergolakan buruh yang terjadi di perusahaan tempat Satria kerja menjadi momen bagi empat perampok menjarah rumah Satria.

Empat perampok adalah Jonal (Verdi Solaiman, Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra).

Suzzanna yang tewas pun bertekad membalas dendam kepada empat orang pembunuhnya.

Itulah 8 film horor Indonesia dengan sosok hantu ikonik yang dijamin bakal meneror malam Anda. Sudah siap menonton film yang mana akhir pekan ini?

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK