Box Office Amerika Capai Angka Terendah Sejak 1981

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 16:13 WIB
Meski box office domestik Amerika Utara capai titik terendah sejak 1981, pengamat menilai masih ada harapan bioskop untuk kembali bangkit. Ilustrasi film. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia --

Box office domestik Amerika Utara capai titik terendah sejak 1981, meskipun capaian The Honest Thief menjadi jawara box office di tengah masa suram ini masih dinilai sebagai harapan untuk perfilman segera bangkit.

Film garapan Mark Williams tersebut dilaporkan mengumpulkan US$2,4 juta atau setara dengan Rp35,2 miliar dari 2.502 lokasi pada pekan ini, dengan perolehan domestik mencapai US$7,5 miliar.

Angka tersebut turun 41 persen dari perolehan kala pekan pembukaan yang mencapai US$4,1 juta di pasar domestik Amerika Utara.


Meski menjadi nomor wahid, Forbes menyebut, perolehan film The Honest Thief pada pekan ini adalah yang terendah dalam sejarah box office Amerika sejak Desember 1981 yang kala itu ditoreh film Rollover.

Kala itu, film yang dibintangi oleh Jane Fonda dan Kris Kristofferson tersebut hanya mendapatkan US$2,2 juta dari 355 lokasi yang mendulang total pendapatan domestik hanya US$10,5 juta. Padahal, bujet produksi mencapai US$16 juta.

Penurunan angka penonton ini terus terjadi meski bioskop di Amerika Serikat semakin banyak yang membuka pintu usai berbulan-bulan ditutup karena pandemi.

Teranyar, Gubernur New York Andrew Cuomo mengizinkan pembukaan bioskop di wilayah di luar New York City meski dengan pembatasan jumlah kursi penonton.

Namun tetap saja, pasar bioskop terbesar Amerika Serikat yaitu Los Angeles dan New York City masih ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19.

Meski begitu, pengamat perfilman masih menilai capaian rendah dari The Honest Thief merupakan awal titik terang dari suramnya industri perfilman Amerika dan global.

"Performa dari Honest Thief membuktikan penonton bioskop belum menyerah pada pengalaman sinematik," kata Paul Dergarabedian, analis senior media untuk Comscore.

"Dan bahwa sebuah bahwa thriller laga yang dibintangi Liam Neeson adalah penawar sempurna untuk masa-masa sulit saat ini dan menyediakan pelarian layar lebar yang diidam-idamkan oleh penonton," lanjutnya.

[Gambas:Youtube]


"Dengan ketersediaan konten yang tak terbatas di rumah melalui layar kaca atau gawai, ini harusnya jadi harapan bagi bioskop bahwa film bioskop masih relevan untuk audiens," katanya.

"Dan meski jumlah box office lebih rendah dari yang biasanya terlihat sepanjang tahun ini, jelas masih ada minat penonton merasakan kembali menyaksikan film di bioskop." kata Dergarabedian, dikutip dari Variety.

The Honest Thief sempat turun ke posisi dua dan disalip oleh film drama komedi keluarga yang dibintangi Robert De Niro, The Trouble with Grandpa yang pada pekan ini mendapatkan US$1,9 juta.

(nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK