Lukisan Monet Versi Banksy Terjual Rp146 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 10:57 WIB
Karya lukisan Banksy berupa penggambaran ulang lukisan mahakarya Claude Monet telah terjual US$9,8 juta atau lebih dari Rp146 miliar. Lukisan Show Me The Monet karya Banksy terjual setara Rp146 miliar. (AP/Alastair Grant)
Jakarta, CNN Indonesia --

Karya lukisan Banksy berupa penggambaran ulang lukisan mahakarya Claude Monet telah terjual US$9,8 juta atau lebih dari Rp146 miliar dalam sebuah lelang yang hanya berlangsung selama sembilan menit.

Bertajuk Show Me the Monet, seniman jalanan terkenal itu menggambarkan ulang mahakarya Monet, Bridge over a Pond of Water Lillies dengan perspektif kehidupan di masa modern.

Hasilnya, jembatan Jepang di atas kolam penuh lili air dari Monet berisi sejumlah sampah, mulai dari kerucut lalu lintas hingga troli belanja.


Karya asli yang digarap ulang oleh Banksy adalah satu dari 12 lukisan Monet yang menampilkan jembatan gaya Jepang di atas taman air sang seniman impresionis di dekat Giverny, Prancis.

Sepanjang tahun 1897 dan 1899, Monet melukis beberapa lukisan pemandangan dengan objek yang sama dalam waktu yang berbeda dalam sehari, termasuk dalam situasi cuaca juga musim yang berbeda.

Lukisan Bridge over a Pond of Water Lillies karya Claude MonetLukisan Bridge over a Pond of Water Lillies karya Claude Monet. (Claude Monet via Wikimedia Commons/CC-PD-Mark)

Karya seni Banksy ini mulai dibuat pada 2005 menggunakan cat minyak di atas kanvas dan merupakan bagian dari pameran Crude Oils: A Gallery of Re-mixed Masterpieces, Vandalism and Vermin.

Dalam pameran tersebut Banksy melukis ulang karya-karya seniman terkenal dunia, termasuk Edward Hopper, Jack Vettriano dan Vincent van Gogh.

CNN melaporkan, dalam lelang yang berlangsung pada Rabu (21/10) dan disiarkan langsung tersebut, lukisan Banksy diperebutkan oleh sejumlah kolektor dunia.

Pihak balai lelang Sotheby's menyebut karya Banksy itu terjual kepada seorang kolektor swasta dari Asia seharga 7,6 juta poundsterling atau setara dengan Rp146 miliar.

Harga tersebut lebih tinggi dari perkiraan awal yaitu sebesar 3-5 juta poundsterling dan menjadi karya kedua termahal seniman jalanan asal Inggris tersebut.

(nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK