7 Film Action yang Berdasarkan Kisah Nyata

CNN Indonesia | Sabtu, 07/11/2020 14:30 WIB
Sejumlah momen bersejarah menginspirasi pelaku industri film untuk menggarap sebuah karya. Sejumlah film action yang berdasarkan kisah nyata dapat disaksikan. Sejumlah momen bersejarah menginspirasi pelaku industri film untuk menggarap sebuah karya. Sejumlah film action yang berdasarkan kisah nyata dapat disaksikan. (Foto: Warner Bros via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya kisah fiksi yang menjadi inspirasi para pembuat film. Banyak film yang dibuat dari kisah nyata, baik itu kisah tokoh yang menginspirasi, peristiwa sejarah, kejadian kriminal, hingga kasus penipuan sektor ekonomi.

Sudah banyak  film yang diadaptasi dari kisah nyata. Kepiawaian sang sutradara dalam menata sinematografi dan jalan cerita film, bisa membuat sebuah film tak hanya meraih keuntungan besar namun juga memenangkan penghargaan film bergengsi.

Sebagai salah satu jenis film yang banyak digemari, film action yang dibuat dari kisah nyata akan peristiwa tertentu. Dan berikut adalah daftar film action yang dibuat berdasarkan kisah nyata atau peristiwa nyata.


1. Public Enemies (2009)

Film Public EnemiesJohnny Depp dalam film Public Enemies (2009) salah satu film action berdasarkan kisah nyata. (Foto: Universal Pictures via Imdb)

Public Enemies adalah salah satu film gangster klasik yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Film berkisah tentang seorang perampok bank legendaris John Dillinger. Film ini diadaptasi dari buku karya Bryan Burrough yang berjudul 'Public Enemies: America's Greatest Crime Wave and the Birth of the FBI, 1933-1934'.

Berlatar belakang Amerika tahun 1933, film kisahkan Red Hamilton (Jason Clarke) rekan John Dillinger (Johnny Depp) yang tengah menyamar sebagai tahanan ke penjara di negara bagian Indiana.

Mereka menyusup untuk membebaskan anggota geng yang ditahan di penjara tersebut. Upaya pembebasan diwarnai aksi tembak menembak antara gang Dillinger dengan sipir. Berhasil kabur, mereka pun bersembunyi ke Chicago dan meminta bantuan mafia setempat.

Sementara di tempat lain, seorang petugas FBI Melvin Purvis (Christian Bale) tengah melakukan perburuan salah satu penjahat berbahaya Pretty Boy Floyd (Channing Tatum). Sukses menangkap Floyd, Melvin mendapat promosi dari atasannya J. Edgar Hoover (Billy Crudup), dan langsung ditugaskan menangkap John Dillinger.

Untuk memancing Dillinger keluar dari persembunyiannya, Melvin menangkap kekasih Dillinger, Billie Frechette (Marion Cotillard) yang juga mengetahui semua rencana Dillinger. Demi membebaskan kekasihnya, Dillinger dan kelompoknya menyerang kantor FBI, pertempuran pun tak terhindarkan.

Film ini disutradarai oleh Michael Mann yang juga menyutradarai film The Insider, Collateral, dan teranyar Ford vs Ferrari. Dirinya juga terlibat langsung dalam penulisan cerita.

Imdb memberikan penilaian 7,0 dari 10. Sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 68 persen, sedangkan Metacritic memberikan skor 70. Film Public Enemies kini dapat disaksikan di layanan streaming Netflix.

2. The Iceman (2012)

Film The Ice ManFilm The Ice Man (2012) jadi salah satu film action berdasarkan kisah nyata (Foto: Bleiberg Entertainment via Imdb)

Ice Man disutradarai, diproduseri, sekaligus ditulis oleh Ariel Vromen. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang pembunuh bayaran di Amerika tahun 1965 hingga 2006.

Sebelum diangkat ke layar besar, kisah The Iceman sudah terlebih dahulu diangkat dalam sebuah buku dengan dua orang penulis yang berbeda. Karya Philip carlo berjudul 'The Iceman: Confessions of a Mafia Contract Killer, dan karya Anthony Bruno berjudul 'The Iceman: The True Story of a Cold-Blooded Killer.

Mengambil seting tahun 1965, film kisahkan Richie Kuklinski (Michael Shannon) seorang pria besar yang pendiam. Untuk menafkahi hidupnya, Richie bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan film dewasa.

Namun kepada calon istrinya Debora Pellicotti (Winona Ryder), ia mengaku bekerja sebagai pengisi suara film kartun. Suatu hari, perusahaan tempat Richie bekerja tutup. Richie yang bingung harus bagaimana menghidupi dirinya dan calon istrinya, mendapat tawaran pekerjaan dari mantan bosnya Roy Demeo (Ray Liotta).

Roy menawari Richie pekerjaan sebagai pembunuh bayaran. Ia menilai sikap dingin Richie cocok untuk pekerjaan ini. Di balik sikap dingin dan profesinya sebagai pembunuh bayaran, Richie adalah seorang penyayang keluarga.

Suatu ketika, orang kepercayaan Roy melakukan kecerobohan dalam aksinya yang menyeret nama Roy dan Richie. Untuk menutupi jejak, Roy terpaksa membebastugaskan Richie. Saat masa vakum inilah Richie bertemu dengan Robert (Chris Evans).

Aksinya bersama Robert justru membuat keluarga Richie terancam dan berada dalam bahaya. Mampukah Richie melindungi keluarganya? Hal tersebut jadi premis utama dalam film.

Tahun 1992, HBO pernah menayangkan dokumentasi wawancara dengan Richard Kuklinski yang mengaku telah membunuh lebih dari 100 orang dengan berbagai metode.

Film ini mendapat penilaian 6,9 dari 10 pada situs Imdb. Sedangkan, Rotten Tomatoes memberikan skor 66 persen, dan Metacritic memberikan skor 60. The Iceman menampilkan banyak adegan kekerasan, pembunuhan, serta adegan seks.

3. Downfall (2004)

Ini merupakan biopik yang mengisahkan menit-menit terakhir dari kehidupan seorang Adolf Hitler dan istrinya Eva Braun yang dibuat berdasarkan kesaksian sekretaris pribadinya, Traudl Junge. Traudl menuliskan kesaksiannya dalam sebuah memo di tahun 1947. Kemudian, baru di tahun 2002 memo tersebut diterbitkan.

Diceritakan bahwa Traudl Junge dan 4 wanita lainnya dikirim ke markas besar Fuhrer di Rastenburg, Prusia timur. Dari keempat wanita, keterampilan Traudl (Alexandra Maria Lara) disukai Hitler (Bruno Ganz) dan dipilih langsung menjadi sekretaris pribadinya.

Waktu berjalan, dan Jerman mulai terdesak oleh sekutu. Serangan bom Soviet di kota Berlin, membuat Hitler marah dan menyuruh para jendralnya mencari tahu dari mana serangan berasal.

Para jenderal kemudian menyarankan Hitler mengevakuasi penduduk dan memanggil mundur pasukannya, namun usulan tersebut ditolak Hitler mentah-mentah. Hitler memerintahkan para jendralnya untuk mempertahankan kota dengan segala cara.

Hilangnya dukungan serangan udara Jerman, membuat Soviet masuk lebih jauh ke dalam kota Berlin. Traudl menulis surat wasiat terakhir Hitler. Dalam suratnya, Hitler menyebut semua pikiran dan tindakannya didasarkan oleh kecintaan dan kesetiaannya kepada Jerman.

Namun sebelum Soviet bisa menangkapnya, Hitler menginstruksikan para jendralnya untuk melakukan bunuh diri, termasuk juga anggota keluarga mereka.

Film yang disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel dan produser Bernd Eichinger berhasil menyabet piala Oscar tahun 2005, untuk nominasi Best Foreign Language Film of the Year.

Situs Imdb memberikan penilaian 8,2 dari 10. Dan situs Rotten Tomatoes memberikan skor 90 persen, sedangkan Metacritic memberikan skor 86.

4. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film garapan sutradara dan aktor Mel Gibson yang mengisahkan seorang tenaga medis pada perang dunia II. Sebagai petugas medis, Desmond T Doss (Andrew Garfield) berprinsip untuk melindungi siapapun, tanpa membunuh.

Prinsip hidup Desmond didasari pengalamannya saat berkelahi yang nyaris mengakibatkan kematian. Sejak itu ia rajin membaca Alkitab, dan bersumpah tidak akan menyakiti manusia lagi dalam hidupnya.

Selama masa pelatihan perang, Desmond kerap berselisih dengan rekan sesama tentara dan pelatihnya. Desmond sering menolak memegang senjata apalagi berlatih menggunakannya.

Prinsipnya anti-kekerasan dianggap mahkamah militer sebagai pembangkangan. Bahkan Desmond sempat dipenjara, namun sang ayah, Tom Doss (Hugo Weaving) berhasil menyelamatkannya.

Desmond pun kemudian ditempatkan ke dalam tim medis. Film mengisahkan aksi Desmond di medan perang, bertahan tanpa senjata, dan senantiasa melindungi prajurit yang berperang.

Apa yang dilakukan Desmond secara perlahan menjadi penentu keberhasilan misi. Melalui film ini, Mel Gibson dan tim berhasil membawa pulang dua piala Oscar tahun 2017, yaitu Best Achievement in Film Editing, dan Best Achievement in Sound Mixing.

Hacksaw Ridge juga dinominasikan dalam kategori Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Leading Role, Best Achievement in Directing, dan Best Achievement in Sound Editing di ajang yang sama.

Situs Metacritic memberi skor 8,3 dan Imdb memberikan nilai 8,1 dari 10, sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 84.

[Gambas:Youtube]

5. American Sniper (2014)

Film yang disutradarai Clint Eastwood dan ditulis Jason Hall ini diangkat dari kisah nyata seorang penembak jitu di Amerika Serikat. Film ini dibintangi Bradley Cooper, yang juga berperan sebagai produser.

Film mengisahkan sosok Chris Kyle (Bradley Cooper) yang sejak kecil telah dilatih keras menembak dan berburu oleh sang ayah. Seiring berjalan waktu, kemampuan menembak Kyle semakin baik.

Kyle memutuskan masuk militer setelah melihat aksi penyerangan teroris di Tanzania dan Kenya. Ia mendatangi kantor Navy Seal dan melakukan serangkaian tes. Kyle menyadari dirinya payah dalam berenang, dan mencoba pilihan lain. Pelatih Navy Seal kemudian menyarankan Kyle mencoba masuk dalam tim menembak jitu.

Lulus dalam tes menembak jitu, Kyle kemudian menikah dengan sang kekasihnya Taya (Sienna Miller). Sehari setelah pernikahannya, Kyle ditugaskan ke Irak dalam sebuah misi khusus.

Karena kemahirannya dalam menembak, Kyle dianggap legenda oleh para rekannya. Dalam suatu misi, Kyle mendapati adanya keterlibatan antek Taliban dalam peristiwa penembakan tentara Amerika.

American Sniper berhasil memenangkan piala Oscar tahun 2015, untuk nominasi Best Achievement in Sound Editing. Aktor Bradley Cooper masuk dalam nominasi Best Performance by an Actor in a Leading Role, dan Clint Eastwood masuk nominasi Best Motion Picture of the Year di ajang yang sama.

Rotten Tomatoes memberi skor film ini 72 persen. Sedangkan situs Imdb memberi skor 7,3 dari 10 untuk film action yang diangkat dari kisah nyata ini.

[Gambas:Youtube]

6. Black Hawk Down (2001)

Film Black Hawk DownFilm Black Hawk Down (2001) merupakan salah satu film action terbaik yang berdasarkan kisah nyata (Foto: Revolution Studios via Imdb)

Black Hawk Down menjadi salah satu karya terbaik Ridley Scott sepanjang karier sebagai sutradara. Film ini menuai pujian sekaligus meraih penghargaan 2 piala Oscar untuk kategori Best Sound Mixing dan Best Editing.

Film ini berlatar tempat Somalia tahun 1993 saat Amerika mengirim bantuan makanan dan obat-obatan untuk warga Somalia yang kelaparan dengan menggunakan Helikopter Black Hawk.

Secara tak terduga, sekelompok warga Somalia menembak jatuh dua helikopter Black Hawk. Kedua helicopter tersebut jatuh di titik perang paling rawan di Mogadishu. Kedua pemimpin tim Eversmann (Josh Hartnett) dan Grimes (Ewan McGregor) harus mencari jalan keluar demi keselamatan anggota tim di tengah gempuran para gerilyawan Mogadishu.

Meski tak menang, nama Ridley Scott kembali masuk dalam nominasi Best Director setelah 1 tahun sebelumnya masuk dalam kategori yang sama di ajang Oscar lewat film Gladiator.

Imdb memberikan skor 7,7 dari 10. Sementara Rotten Tomatoes memberikan skor 76, sedangkan Metacritic memberikan skor 74.

7. American Gangster (2007)

Film garapan Ridley Scott diangkat dari kisah nyata di Amerika Serikat, menceritakan gembong mafia narkoba berkulit hitam pertama yang berkuasa di New York.

FIlm menceritakan seorang mafia narkoba bernama Frank Lucas (Denzel Washington), yang memulai kariernya sebagai pengawal dan sopir pribadi Ellsworth 'Bumpy' Johnson (Clarence Williams III), mafia narkoba di Harlem, New York.

Bertahun-tahun mengikuti Bumpy, tanpa sadar Frank meniru dan mempelajari cara hidup dan berbisnis Bumpy. Usai Bumpy meninggal, ia pun bertekad melanjutkan warisan Bumpy di Harlem, namun dengan cara yang sedikit berbeda.

Frank bergerak secara agresif dan melawan arus, dengan membeli bahan narkoba langsung ke sumbernya. Memanfaatkan kondisi perang Vietnam, Frank terbang menuju pedalaman Vietnam demi mencari pemasok narkoba.

Merek narkoba milik Frank beredar luas ke seluruh penjuru New York, hingga menghasilkan jutaan dolar. Frank memindahkan orang tua dan kelima saudaranya yang berada di Carolina ke rumah mewah yang berada di New Jersey.

Frank lalu membuat kelima saudaranya menjadi kaki tangannya mengedarkan Narkoba. Namun suatu kecerobohan dibuat oleh saudara Frank, yang membuat dirinya diselidiki oleh Detektif Richie Robert (Russel Crowe). Richie dikenal sebagai polisi bersih namun sedikit temperamental. Di sisi lain, Frank mulai mendapat tekanan dari polisi korup, banyaknya persaingan, dan kecurangan pada merek narkoba yang dijual Frank.

Berkat film ini Denzel Washington masuk dalam nominasi Golden Globes untuk kategori Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Drama, dan Ridley Scott masuk dalam nominasi Best Director - Motion Picture.

Rotten Tomatoes Memberikan skor 80 persen, sementara Imdb memberi rating 7,8 dari 10.

Itu lah deretan film action yang berdasarkan kisah nyata. Beberapa di antaranya dapat kembali disaksikan di layanan menonton streaming berbayar.

(imb/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK