Kreator Sambut Baik Ekspansi Netflix di Dunia Anime

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 02:43 WIB
Menurut kreator Mari Yamazaki, ekspansi layanan streaming ke dunia anime memudahkannya dalam mengenalkan karyanya ke dunia luar Jepang. Godzilla: Singular Point bakal tayang di Netflix. (dok. Netflix via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kreator manga menyambut baik ekspansi layanan streaming global macam Netflix di dunia anime. Menurut kreator Mari Yamazaki, hal itu memudahkannya dalam mengenalkan karyanya ke dunia luar Jepang.

Konten-konten anime menjadi salah satu fokus layanan streaming Netflix pada 2021. Mereka menyiapkan 16 judul anime yang akan menghibur pencinta anime tahun depan.

Sebanyak 16 judul seperti Resident Evil: Infinite Darkness, Godzilla: Singular Point, Pacific Rim: The Black, hingga anime menggemaskan Rilakkuma's Theme Park Adventure.


"Saya sering jalan-jalan dan saya selalu harus menjelaskan karya saya kepada orang-orang. Saya juga suka bingung karena tak terlalu banyak informasi yang ada di internet," kata Mari Yamazaki dalam acara Festival Anime Netflix, beberapa waktu lalu.

"Tapi jika karya saya tayang di Netflix, sangat senang rasanya melihat banyak orang berkesempatan melihat karya saya tanpa saya harus menjelaskan lebih lanjut," ucapnya.

Ia menceritakan, film atau serial anime dulu hanya tayang di bioskop dan televisi Jepang. Konten-konten tersebut bisa berkesempatan tayang di luar negeri tapi tanpa kepastian.

Namun, konten-konten tersebut kini bisa tayang di Netflix dan bisa disaksikan langsung penonton di banyak belahan dunia sekaligus. Menurutnya, jenis penayangan seperti itu sudah sangat pas di tengah perkembangan zaman dan teknologi saat ini.

"Saya rasa itu melewati dan menghilangkan batasan-batasan penayangan tradisional serta memiliki kemungkinan yang tak terbatas," ujar Mari Yamazaki.

Mari Yamazaki merupakan pembuat manga yang dikenal lewat manga komedi, Thermae Romae. Manga tersebut sudah pernah diadaptasi menjadi film live-action pada 2012 dan kini tengah disiapkan menjadi serial anime di Netflix.

Ia mengungkapkan bekerja sama dengan Netflix memberikan dirinya ruang kreatif lebih besar dibandingkan saluran televisi lokal di Jepang.

"Menurut saya di Jepang, kita harus selalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan, apakah ini secara politik benar atau tidak," ungkapnya.

"Sementara itu di Netflix tempat di mana kita tidak harus terlalu memikirkan sponsor dan brand. Platform yang juga memberikan ruang kreatif," tutur Mari Yamazaki dalam acara Festival Film Anime beberapa waktu lalu.

Produser David Production, Shuichiro Tanaka, juga mengungkapkan kerja sama dengan Netflix bisa membuat konten-konten mereka dapat disaksikan penonton lebh dari 190 negara secara bersamaan sekaligus.

"Bekerja sama dengan Netflix hasilnya akan ditayangkan di banyak negara. Dunia seperti sudah hadir di Jepang dan sebaliknya. Itu luar biasa," kata Tanaka.

Dalam kesempatan itu, Chief Producer Anime Netflix Taiki Sakurai juga mengatakan akan lebih bersemangat dari sebelumnya untuk menantang diri sendiri dalam mengembangkan program anime inspiratif kepada para penggemar di seluruh dunia.

"Untuk dapat melakukannya, kami akan terus berinvestasi kepada talenta baru dan mempromosikan keberagaman dari dalam," kata Taiki.

Daftar 16 judul anime baru Netflix yang tayang pada 2021 bisa dibaca di sini.

(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK