Sinopsis Shame, Upaya Menutupi Candu yang Menyakitkan

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 00:25 WIB
Shame mengisahkan Brandon Sullivan yang diam-diam menyimpan candu yang menyakitkan dan di luar kendalinya. Shame mengisahkan Brandon Sullivan yang diam-diam menyimpan candu yang menyakitkan dan di luar kendalinya. (dok. Fox Searchlight Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shame merupakan film psychological erotic film asal Inggris yang dibintangi Michael Fassbender (X-Men, 300) dan Carey Mulligan (Pride & Prejudice, Wall Street: Money Never Sleeps). Dalam film ini mereka berperan sebagai saudara kandung. Berikut sinopsis film Shame.

Brandon Sullivan (Michael Fassbender) merupakan eksekutif muda yang tinggal di New York City. Ia merupakan orang yang tertutup tapi terlihat menjalani kehidupan dengan sangat baik.

Namun ternyata ia memiliki rahasia yang benar-benar disembunyikan dari orang lain, yakni kecanduan seks yang sudah di luar kendali.


Rasa candu itu bahkan hampir menghancurkan hidupnya. Ia berhubungan seks dengan banyak perempuan dan beberapa kali masturbasi dalam satu hari. Pikirannya setiap hari termasuk ketika bekerja di kantor pun penuh dengan angan-angan seks kepada rekan kerjanya.

Hal tersebut yang membuatnya tidak pernah terikat dalam komitmen jangka panjang. Hubungan bersama kekasih biasanya hanya terjalin empat bulan lalu kandas.

Brandon kemudian mulai merasa terusik ketika saudara perempuannya, Sissy Sullivan, datang ke New York karena pekerjaan dan menetap di apartemennya selama beberapa hari. Sissy merupakan seorang penyanyi.

Ketika di apartemen, Sissy menemukan laptop Brandon yang penuh dengan konten porno. Ia juga melihat Brandon 'sibuk' dengan dirinya sendiri. Hal-hal tersebut membuat Brandon merasa muak dan ingin Sissy segera keluar dari apartemennya.

Namun, permasalahan dimulai ketika Brandon mengetahui bahwa Sissy berhubungan dengan bosnya di apartemen. Ia kemudian terang-terangan mengusir saudara perempuannya itu hingga keduanya bertengkar hebat dan mengancam nyawa salah satu dari mereka.

Shame diarahkan oleh sutradara Steve McQueen yang turut menuliskan cerita bersama Abi Morgan. Steve McQueen juga dikenal melalui film 12 Years a Slave. Film ini dibuat dengan biaya produksi US$6,5 juta dan mendapatkan US$20,4 juta dari box office.

[Gambas:Youtube]



Shame pertama kali tayang pada 4 September 2011 dalam Venice Film Festival ke-68. Berkat kepiawaian aktingnya, Fassbender memenangkan Volpi Cup Aktor Terbaik dalam Venice Film Festival.

Film tersebut juga tayang di beberapa festival film lainnya seperti Toronto International Film Festival, New York Film Festival, serta B.F.I London Film Festival, serta penayangan terbatas di bioskop AS sebelum tayang secara masif di bioskop Inggris pada 13 Januari 2012.

Ketika tayang di AS, film ini juga diberi rating khusus dewasa karena sejumlah adegan seksual yang terang-terangan ditunjukkan dalam Shame.

(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK