Cara Nominasi Grammy Awards 2021 Dihasilkan

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 18:35 WIB
Berikut gambaran sistem pemilihan nominasi Grammy Awards 2021 yang cenderung sama dari tahun ke tahun. Berikut gambaran sistem pemilihan nominasi Grammy Awards 2021 yang cenderung sama dari tahun ke tahun. (AFP/ROBYN BECK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengumuman nominasi Grammy Awards 2021 akan dirilis pada Selasa (24/11) malam waktu Indonesia. Dalam beberapa jam ke depan, musisi mana yang berpeluang mendapatkan piala Grammy atau justru dilupakan oleh ajang musik tertinggi dunia itu akan diketahui.

Nominasi yang akan diumumkan nanti merupakan hasil dari pendaftaran karya yang diterima pihak Recording Academy dari ribuan musisi. Karya yang bisa didaftarkan adalah yang dirilis pada 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020.

Berikut gambaran sistem pemilihan nominasi Grammy Awards 2021 yang cenderung sama dari tahun ke tahun, menurut laman resmi Recording Academy.


Siapa yang Menentukan

Nominasi Grammy Awards didapat dari hasil seleksi komite khusus yang tak diketahui secara persis identitasnya selain merupakan anggota Recording Academy yang bisa berasal dari musisi, produser, hingga pelaku bisnis musik.

Bagaimana Nominasi Didapat

Komite yang merupakan anggota Recording Academy itu kemudian menyaring sekitar 20 ribu karya yang didaftarkan untuk Grammy Awards. Puluhan ribu karya tersebut berasal dari berbagai genre, kelompok musisi, dan bentuk.

Setidaknya, berbagai pihak yang mengajukan karya itu berasal dari alternative, comedy, musical theatre, pop, reggae, spoken word, traditional word, visual media, american roots, children, instrumental, country, dance/electronic, gospel, jazz, latin, music video dan film, new age, R&B, pop, rap, dan world music.

Ribuan karya itu kemudian diseleksi oleh komite melalui sebuah voting yang dilakukan secara tertutup, yang kemudian menghasilkan sejumlah daftar untuk dikaji kembali oleh komite karya Recording Academy.

Setelah dikaji oleh komite karya, daftar tersebut kemudian dipersingkat dan menjadi nominasi yang terbagi dalam 84 kategori untuk diumumkan kepada publik.

Cara Kerja Voting

Melansir laman Independent, proses pemilihan dalam Grammy Awards dilakukan melalui sistem voting online yang telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir. Masing-masing pemilih diberi instruksi untuk memberikan suara sesuai kategori yang menjadi bidang keahliannya.

Jika terdapat anggota tim juri Grammy yang masuk dalam nominasi maka ia berhak memberikan suara untuk dirinya sendiri.

Sistem ini mulai diterapkan sejak 2018 dengan tujuan agar penampil ataupun musisi yang sedang melakukan tur masih dapat memberikan suara mereka sebelum tenggat waktu pemungutan suara berakhir.

Melalui sistem ini, artis dan musisi dapat memberikan suara mereka melalui gawai seperti perangkat telepon genggam ataupun laptop sembari melakukan kegiatan di tengah aktivitas tur mereka.

Pihak Recording Academy menjamin suara yang diambil melalui sistem e-voting ini adalah suara sah dan dijamin keamanannya.

Tanggal Penting Grammy

1 September 2019 - 31 Agustus 2020 : Periode karya musik yang masuk dalam nominasi Grammy

22 Juni - 6 Juli 2020: masa pendaftaran online tahap awal

15 Juli - 3 Agustus 2020: masa pendaftaran online tahap final

30 September - 12 Oktober 2020 : masa pemungutan suara putaran pertama

24 November 2020 : pengumuman nominasi Grammy ke-63

7 Desember - 4 Januari 2021: pemungutan suara putaran final

31 Januari 2021: pengumuman pemenang Grammy ke-63

Nama pemenang tersimpan dalam amplop bersegel dari Deloitte yakni lembaga konsultan yang telah dipercaya Grammy untuk melakukan proses penghitungan suara.

(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK