Masuk Nominasi Grammy Awards 2021, BTS Cetak Sejarah

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 02:06 WIB
BTS mencetak sejarah menjadi musisi Korea Selatan pertama yang mendapatkan nominasi Grammy Awards berkat karyanya, Dynamite. BTS mencetak sejarah menjadi musisi Korea Selatan pertama yang mendapatkan nominasi Grammy Awards berkat karyanya, Dynamite. (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

BTS kembali mencetak sejarah melalui single Dynamite. Kali ini, mereka menjadi boyband pertama asal Korea Selatan yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards 2021 melalui kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Dalam pengumuman Recording Academy pada Rabu (25/11) dini hari waktu Indonesia, pada kategori tersebut, BTS akan bersaing dengan One Day (J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy), Intentions (Justin Bieber ft. Quavo), Rain on Me (Lady Gaga, Ariana Grande), dan Exile (Taylor Swift ft. Bon Iver).

Masuknya BTS sebagai nominasi kategori tersebut dinantikan banyak pihak, terutama penggemar atau yang kerap disapa Army. Hal itu dikarenakan BTS sesungguhnya bukan orang asing di Grammy.




Mereka tampil sebagai presenter pada 2019 dan menjadi pengisi acara pada 2020 lewat kolaborasi bersama Lil Nas X menampilkan Old Town Road.

BTS juga termasuk dari 1.340 orang yang ditawarkan bergabung menjadi anggota pemungutan suara Recording Academy. Sedangkan CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk bergabung sebagai anggota profesional.

Sayangnya, BTS serta musik mereka tak pernah masuk nominasi utama ajang tersebut walau Album Love Yourself: Tear yang menempati posisi pertama Hot 200 Billboard pada 2018 sempat masuk nominasi Best Recording Package, penghargaan terhadap visual album, pada Grammy 2019.

Recording Academy dan Grammy Awards selama ini kerap dicap memandang sebelah mata musik dari luar negara Barat, dengan kesempatan yang amat jarang bagi musisi di luar Amerika Serikat dan Eropa sukses masuk kategori utama.

Di sisi lain, masuknya BTS dalam nominasi Grammy 2021 sesungguhnya telah diprediksi banyak pihak menyusul sejarah baru yang mereka cetak berkat single Dynamite.

Single berbahasa Inggris tersebut membuat BTS menjadi musisi Korea pertama yang menguasai tangga lagu Hot 100 Billboard. Tak hanya itu, mereka juga bertahan di sana dua pekan berturut-turut. Lagu tersebut juga beredar luas di radio-radio AS.

Bukan hanya "dikenal di AS", RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook juga memenangkan MTV Europe Music Awards tahun ini serta memenangkan Top Social Artist Billboard Music Awards empat tahun berturut-turut.

Hal tersebut dirasa cukup untuk bisa 'memperkenalkan diri' kepada Recording Academy yang selama ini dianggap konservatif.

[Gambas:Youtube]



Namun, ini menjadi tahap awal BTS untuk semakin memantapkan langkahnya di kancah musik dunia. Hasil akhir berhasil atau tidaknya RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook menjadi musisi Korea pertama yang membawa pulang piala Grammy akan diketahui pada akhir Januari 2021.

Grammy Awards 2021 akan digelar pada 31 Januari 2021 malam waktu AS. Daftar lengkap nominasi Grammy 2021 bisa dibaca di sini.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK