CERITA DI BALIK STUDIO

Cara Baru J-Hope BTS Ciptakan Dis-ease di Album BE

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 06:10 WIB
J-Hope mengaku ia mencoba cara baru dalam menggarap lagu Dis-ease di album BE dibanding lagu-lagu sebelumnya. J-Hope mengaku ia mencoba cara baru dalam menggarap lagu Dis-ease di album BE dibanding lagu-lagu sebelumnya.: (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

J-Hope berbagi cerita di balik proses penggarapan lagu Dis-ease yang turut mengisi album terbaru BTS bertajuk BE. Ini menjadi salah satu single buatannya bersama anggota BTS yang lain termasuk RM, Suga dan Jimin.

Kepada majalah weverse, J-Hope mengaku ia mencoba cara baru dalam menggarap lagu ini dibanding lagu-lagu sebelumnya. Biasanya, ia membuat lagu diawali dari bagian chorus.

Namun J-Hope mengatakan bahwa saat membuat bagian chorus, ada bagian yang dirasa kurang tepat: "[bagian chorus] terasa ceria, tapi menurut saya tema keseluruhan tidak boleh terasa terlalu ceria," kata J-Hope.


J-Hope menilai, berhubung tema yang diangkat dalam lagu ini berkaitan dengan penyakit atau hal yang suram, maka ia berpikir untuk menambahkan nuansa tersebut agar sesuai dengan yang ia bayangkan.

"Ketika tema yang dibawakan disejajarkan dengan irama lagunya, saya merasa seolah-olah lagu ini menggambarkan upaya melupakan masalahnya sendiri dan tetap positif," kata J-Hope.

Untuk menyatukan dua perasaan yang berbeda itu, J-Hope menambahkan beberapa efek di bagian chorus.

Sebagai musisi, yang telah banyak membuat lagu untuk BTS, J-hope mendapat inspirasi menulis lagu Dis-ease dari pengalamannya bersama boyband tersebut.

Inspirasi itu termasuk yang terjadi belakangan ini, saat BTS sedang aktif dan sibuk dengan banyak kegiatan, J-Hope sering berkata pada dirinya sendiri, "saya butuh istirahat".

Namun, ketika pandemi melanda sehingga anggota BTS menjadi memiliki lebih banyak waktu luang, J-Hope malah mengatakan sebaliknya "saya ingin bekerja."

Perubahan dalam kegiatan BTS yang sangat drastis tersebut membuatnya tersadar bahwa memiliki kesempatan untuk beristirahat justru "mengganggunya", dan pentingnya bekerja dalam keadaan seperti saat ini.

"Pekerjaan memberi saya energi yang baik, tetapi ada energi yang juga didapatkan dari istirahat. Tapi seseorang seperti saya itu merasa hidup saat bekerja, jadi saya harus terus bergerak dan terus bekerja. Saya justru merasa cemas saat berhenti," kata J-Hope, dikutip dari majalah weverse.

Single ini juga merupakan ekspresi dirinya yang sesungguhnya. J-Hope mengatakan bahwa hal terbaik dari bermusik adalah dia dapat benar-benar membagikan apa yang ada di pikirannya dengan cara yang indah, bahkan untuk perasaan sedih sekalipun.

[Gambas:Youtube]



(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK