Album Pamungkas Lebih Populer dari BTS di Spotify Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 17:01 WIB
Album debut Pamungkas ternyata jadi yang paling didengarkan tahun ini di Spotify Indonesia, melebihi BTS dan Hindia. Album debut Pamungkas ternyata jadi yang paling didengarkan tahun ini di Spotify Indonesia, melebihi BTS dan Hindia. (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Album perdana solois Pamungkas yang bertajuk Walk the Talk menjadi album yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam layanan streaming Spotify tahun 2020, mengungguli album dari BTS dan Hindia.

Berdasarkan laporan Spotify Wrapped 2020 yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (1/12), album yang dirilis 2018 lalu itu menempati posisi teratas dari lima album yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify tahun 2020.

Kemudian pada urutan kedua Menari Dengan Bayangan milik Hindia. Disusul MAP OF THE SOUL: 7 (BTS), Cinta Luar Biasa (Andmesh), dan Divinely Uninspired To A Hellish Extent (Lewis Capaldi).


Selain itu, Pamungkas menjadi artis pria yang banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify tahun 2020. Ia mengalahkan solois kenamaan Justin Bieber, Fiersa Besari, Hindia, dan Tulus.

Musisi kelahiran Jakarta ini juga menjadi artis lokal yang paling banyak didengarkan di Indonesia dalam Spotify tahun 2020. Ia mengalahkan Fiersa Besari, Hindia, Tulus, dan mendiang Glenn Fredly.

Sepanjang karier bermusik, Pamungkas merilis tiga album bertajuk Walk The Talk (2018), Flyin Solo (2019), dan Solipsism yang dirilis pada Juni lalu. Kata Solipsism berarti pandangan atau teori bahwa pemikiran diri sendiri adalah segalanya.

"Jadi album ini berbicara tentang ide saya sendiri terhadap banyak hal. Saya ingin mengeluarkan satu set lagu yang dapat berarti bagi siapapun," kata Pamungkas saat merilis Solipsism.

Album ini berisikan 11 lagu, yaitu Queen of the Hearts, Intentions, Be My Friend, Live Forever, Deeper, Be Okay Again Today, Higher Than Ever, Riding the Wave, Still Can't Call Your Name, I Don't Wanna Be Alone dan Closure.

Semua lagu ditulis Pamungkas berdasarkan pengalaman pribadi yang biasanya dipilih untuk disimpan sendiri. Ia ingin pengalaman yang dikisahkan lewat lagu bisa diidentifikasi oleh pendengar.

[Gambas:Video CNN]



(adp/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK