9 Pesohor Korea Selatan yang Bebas Wajib Militer

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 15:06 WIB
Berikut sembilan pesohor Korea yang dinyatakan bebas wajib militer dengan alasan kesehatan atau prestasinya mengharumkan nama Korea Selatan. Meski dinyatakan wajib milite, Son Heung-min memilih tetap menjalani pelayanan militer Korps Marinir selama tiga pekan. (AP/Park Ji-ho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Parlemen Korea Selatan telah meloloskan Rancangan Undang-Undang yang memungkinkan artis pop (K-pop) dalam menangguhkan wajib militer mereka.

Apabila UU tersebut ditandatangani Presiden Moon Jae-in, idol Korea yang dinilai berhasil mengangkat nama Korea kepada dunia bisa menunda wamil hingga berusia 30 tahun.

Di antara mereka ada nama-nama seperti BTS yang kemungkinan mendapat penangguhan wajib militer.


Di bawah Undang-Undang yang berlaku di Korea sebelumnya, setiap warga laki-laki Korea Selatan berusia 18-28 tahun diwajibkan menjalani wajib militer sekitar dua tahun. Perempuan diizinkan bila ingin mendaftar secara sukarela. Hal itu sudah berlaku sejak 1957.

Hingga kini, tak ada idol dan artis Korea yang sehat secara fisik dan mental yang dibebaskan dari wajib militer.

Selama ini, pemerintah Korea Selatan secara hukum memang memberikan pengecualian dan perlakuan khusus kepada warga laki-laki yang tak lolos tes fisik, kemudian atlet pemenang penghargaan internasional, dan musisi klasik atas peran mereka dalam meningkatkan reputasi Korea Selatan di luar negeri.

Sejak 2008-2018, sekitar 220 orang dinyatakan bebas militer. Berikut sembilan pesohor Korea yang dinyatakan bebas wajib militer dengan alasan kesehatan atau prestasinya mengharumkan nama Korea Selatan.

1. Kim Woo-bin (Aktor)

South Korean actor Kim Woo-Bin arrives on the red carpet of the 51st annual Daejong Film Awards in Seoul on November 21, 2014. AFP PHOTO / Ed Jones / AFP PHOTO / ED JONESAktor Korsel Kim Woo-Bin arrives bebas wajib militer. (AFP PHOTO / Ed Jones / AFP PHOTO / ED JONES)

Kim Woo-bin dibebaskan dari wajib militer karena kondisi kesehatan. Agensinya, SidusHQ, mengatakan Kim Woo-bin mengidap kanker nasofaring sejak Mei 2017. Ia menerima notifikasi keberangkatan wajib militer tak lama setelah kemoterapi.

Namun, Kim Woo-bin tetap menjalani pemeriksaan fisik, dan masuk dalam kelas 6 sebelum dinyatakan tak bisa wajib militer. Kelas 6 merupakan penilaian bagi orang-orang yang mengidap penyakit berat atau tidak mampu dari segi mental dan fisik.

2. Jang Dong-gun (Aktor)

This photo taken on November 28, 2013 shows South Korean actor Jang Dong-Gun attending the new Mercedes Benz S-Class launch party in Seoul.REPUBLIC OF KOREA OUT JAPAN OUT AFP PHOTO/STARNEWS / AFP PHOTO / Starnews / StarnewsJang Dong-gun bebas wamil karena kondisi kesehatan. (AFP PHOTO / Starnews)

Jang Dong-gun juga bebas dari wajib militer karena kondisi kesehatan. Aktor yang dikenal melalui film Friend (2001) dan drama A Gentleman's Dignity (2012) itu didiagnosa pneumotoraks.

Penumotoraks merupakan penyakit di mana udara atau gas menumpuk dalam pleura, rongga yang berada antara paru-paru dan toraks. Kondisi tersebut bisa membuat paru-paru pengidapnya melemah tiba-tiba.

3. Jo Jung-suk (Aktor)

Jo Jung-sukJo Jung-suk bebas wamil karena kondisi keluarga. (dok. JAM Entertainment via Naver))

Jo Jung-suk dinyatakan bebas dari wajib militer karena kondisi keluarga.

Ketika masih kecil, bintang utama dalam film EXIT ini kehilangan ayah. Hal itu membuat dirinya menjadi tulang punggung keluarga. Kini, Jo Jung-suk menjadi satu-satunya orang yang merawat sang ibu.

Hal itu membuat Kementerian Pertahanan memutuskan Jo Jung-suk bebas dari wajib militer.

4. Jung Woo-sung (Aktor)

Jung Woo-sung terbebas dari wajib militer karena latar belakangnya yang tak memungkinkan. Saat masih kecil, Duta Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) pertama dari Korea ini tumbuh dalam keluarga tak mampu di daerah Sadang-dong, kawasan termiskin di Seoul.

Hal itu membuat aktor kelahiran 22 April 1973 itu mau tak mau harus keluar dari sekolah dalam satu tahun. Jung Woo-sung kemudian bekerja untuk mendukung keuangan keluarga.

5. Jung Joon-young (Musisi)

Jung Joon Young termasuk salah satu yang menerima dispensasi akibat latar belakang pendidikan yang tak memadai. Solois jebolan Superstar K4 ini menghabiskan masa kecilnya di Indonesia.

Pihak militer pada dasarnya tak mengakui tingkatan pendidikan yang diambil Jung Joon-young atau artis lain di luar negeri. Hal itu membuat Jung Joon-young tak menjalani wajib militer layaknya warga lelaki Korea pada umumnya.

6. Lee Yong-dae (Atlet)

Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong tampak kecewa karena tampil anti klimaks setelah tampil luar biasa di laga perempat final lawan Fu Haifeng/Zhang Nan.Lee Yong-dae mendapat medali emas Olimpiade di nomor ganda campuran. CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Atlet bulu tangkis nasional Lee Yong-dae dinyatakan bebas tugas wajib militer oleh pemerintah Korea Selatan setelah memenangkan medali emas di Olimpiade bersama Lee Hyo-jung di nomor ganda campuran.

Kendati demikian, ia tetap menjalani pelatihan militer dasar selama empat pekan. Hal itu dilakukan setelah Lee Yong-dae memutuskan pensiun dari timnas Korea pada 2016.

7. Park Tae-hwan (Atlet)

Atlet renang nasional Park Tae-hwan juga mendapatkan hak istimewa bebas wajib militer setelah berhasil meraih medali emas untuk Korea Selatan dalam Olimpiade Musim Panas (2008) dan Asian Games (2010). Ia juga tetap menjalani pelatihan dasar selamat empat pekan dan telah diselesaikan pada 4 Oktober 2012.

8. Son Heung-min (Atlet)

Son Heung-min dibebaskan dari wajib militer selama 21 bulan setelah Timnas Korea Selatan berhasil mempertahankan medali emas di Asian Games 2018. Kendati demikian ia tetap menjalani pelayanan sosial bersama Korps Marinis selama tiga pekan di Pulau Jeju pada April 2020.

9. Ryu Hyun-jin (Atlet)

Ryu Hyun-jin dibebaskan dari kewajiban militer selama dua tahun setelah timnas baseball Korea berhasil memenangkan medali emas dalam Olimpiade Beijing 2008.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK