Aktor Twin Peaks, David Lander Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Senin, 07/12/2020 15:30 WIB
Aktor serial Twin Peaks, David Lander, meninggal dunia pada akhir pekan lalu di usia 73 tahun setelah berjuang melawan sklerosis. Ilustrasi. (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor serial Twin Peaks, David Lander, meninggal dunia pada akhir pekan lalu di usia 73 tahun setelah berjuang melawan sklerosis.

Perwakilan keluarga Lander mengatakan kepada Variety bahwa aktor tersebut meninggal dunia di Pusat Medis Cedars-Sinai pada Jumat (4/12) lalu.

Menurut pihak keluarga, Lander sudah mengidap sklerosis ganda sejak 37 silam. Namun, ia baru mengakui penyakit itu di hadapan publik pada 1999, ketika ia bicara dalam sejumlah konferensi gagasan Yayasan Sklerosis Ganda Nasional.


Sebelum mengidap sklerosis ganda, Lander sangat aktif di dunia layar kaca. Namanya pertama kali melambung kala berperan sebagai Squiggy dalam komedi situasi bertajuk Laverne & Shirley yang mengudara pada 1976-1983.

Ia mengembangkan cerita Laverne & Shirley bersama rekannya, Michael McKean, saat masih belajar di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania.

Setelah itu, ia mengambil peran dalam berbagai serial lainnya, seperti Happy Days, The Drew Carey Show. Pada 1990, Lander berperan sebagai Tim Pinkle dalam serial legendaris karya David Lynch, Twin Peaks.

Di sela kesibukannya di industri serial televisi, Lander juga kerap membintangi film layar lebar, seperti 1941, film komedi karya Steven Spielberg yang dirilis pada 1979.

Sebagai aktor vokal, suara Lander juga terdengar dalam sederet film animasi, termasuk SpongeBob SquarePants, Tom and Jerry: The Movie, Green Lantern: First Fight, Oswald, dan Who Framed Roger Rabbit.

Lahir pada 22 Juni 1947 di Brooklyn, New York, Lander memang sudah bercita-cita menjadi aktor sejak keci hingga ia akhirnya masuk ke High School for the Performing Arts.

Setelah bertemu dengan McKean di kampus, duo tersebut pindah ke Los Angeles untuk bergabung dengan kelompok komedi The Credibility Gap.

Sebagai tanda duka atas kepergian Lander, McKean mengunggah foto klasik mereka berdua tanpa keterangan apa pun.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK