Robert De Niro Ungkap Cerita Unik Syuting The Godfather

CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 05:01 WIB
Robert De Niro mengungkapkan cerita unik di balik syuting The Godfather soal hubungan aneh dengan Marlon Brando. Robert De Niro cerita soal pengalaman unik syuting The Godfather. (Dok. New York University)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pecinta film Hollywood pasti tidak asing dengan nama Robert Anthony De Niro. Aktor kawakan kelahiran New York, Amerika Serikat (AS), yang sudah berkarier sejak tahun 1963.

Dari sekian banyak film yang ia bintangi, The Godfather Part II (1974) adalah film yang paling ikonis. Dalam film itu ia berperan sebagai Vito Corleone muda yang kemudian menjadi mafia kelas kakap di AS.

Film tersebut mengisahkan masa lalu Vito yang berasal dari Sisilia, Italia, yang kerap disebut sebagai tempat kelahiran mafia. Kala itu Vito orang miskin, ayahnya dibunuh oleh mafia.


Vito kabur ke AS dan tinggal di suatu kawasan yang banyak ditempati orang Italia. Dari situ ia mulai meniti karier hingga akhirnya menjadi pimpinan keluarga Corleone, biasa dipanggil Don Corleone.

Kesuksesan Vito sudah diceritakan lebih dulu dalam film The Godfather (1972). Dalam film itu karakter Vito ditampilkan sudah tua yang diperankan Marlon Brando, De Niro sama sekali tidak muncul.

Dalam wawancara dengan aktor Reza Rahadian dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal, De Niro mengaku tidak pernah bertemu dengan Brando. Padahal mereka memerankan karakter yang sama.

"Saya tidak pernah berbicara dengan Marlon, kami tidak pernah bertemu, saya ingat apa yang saya lakukan dan petting saat itu, saya pergi ke gedung Paramount untuk melakukan syuting," kata De Niro dalam wawancara dengan Mola TV, Rabu (16/12) malam.

Ia melanjutkan, "Kami syuting menggunakan kamera tua. Kamera itu diletakkan di atas tripod. Salah satu produser ada di sana juga. Saya syuting salah satu adegan yang hasilnya adegan bersama Brando."

Mereka berdua tidak pernah membahas bersama karakter Vito Corleone. Aktor berdarah Italia ini baru bertemu dengan Brando lama setelah selesai syuting The Godfather.

"Saya tak pernah mendiskusikan karakter ini langsung dengannya. Di luar film ini aku baru bertemu dengannya beberapa kali," kata De Niro.

Hal itu membuat De Niro mempelajari karakter Vito seorang diri. Salah satunya dengan mempelajari dialek khas Sisilia dan dialek Italia. Menurutnya, Sisilia memiliki dialek sendiri ketimbang daerah Italia lain.

"Saya belajar dari seorang pria Sisilia di Los Angeles. Ya, saya sempat mengunjungi kota Sisilia, saya mempelajari (dialek dan bahasa) sebanyak yang saya bisa," kata De Niro.

Usaha De Niro berbuah manis. Lewat The Godfather II ia berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor dalam ajang penghargaan Academy Award 1975.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK