15 Manga Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 06:21 WIB
Berikut rekomendasi manga Jepang terbaik yang masih berjalan dan cukup populer yang sebagian merupakan terbitan Shonen Jump. Berikut rekomendasi manga Jepang terbaik yang masih berjalan dan cukup populer yang sebagian merupakan terbitan Shonen Jump. (Foto: dok. Manga Plus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komik Jepang atau yang lebih dikenal dengan manga sudah lama digemari masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia.

Pada akhir tahun 80-an, manga Jepang masuk dan diterima cukup baik di Indonesia, meski saat itu judul yang beredar masih terbatas.

Jika Anda besar di era 90-an tentu tak asing dengan manga Patlabor, Kungfu Boy, Doraemon, Dragon Ball, Captain Tsubasa, Sailor Moon, Kobo Chan, Detektif Conan, Samurai X.


Judul manga Jepang mulai bervariasi pada pertengahan 2000 hingga saat ini, dan tentunya, genre yang semakin bervariasi.

Salah satunya yang cukup laris di pasar Indonesia adalah terbitan Shonen Jump. Shonen ini merupakan penerbit kumpulan manga yang menargetkan pembaca remaja laki-laki dengan ciri khas tokoh utama manga yakni laki-laki dengan plot cerita sarat aksi superhero, kepahlawanan, serta komedi.

Berikut rekomendasi manga Jepang terbaik yang masih berjalan dan cukup populer yang sebagian merupakan terbitan Shonen Jump.

1. Platinum End (2015 - Berjalan)

Komik dari pengarang Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata, bercerita tentang Mirai Kakehashi, seorang siswa muda pemurung yang putus asa lantaran jadi korban bully paman dan bibi usai orang tuanya meninggal.

Mirai kemudian mencoba bunuh diri dengan melompat dari atap gedung sekolah. Percobaan bunuh dirinya gagal, setelah diselamatkan Nasse, sang malaikat pelindung. Nasse pula yang memberitahukan bahwa paman dan bibi bertanggung jawab atas kematian orang tuanya.

Nesse memberi Mirai kekuatan super untuk menegakkan keadilan. Namun di balik itu, Nesse mempunyai tujuan besar.

Tuhan akan pensiun dari pekerjaannya dan sedang mencari kandidat pengganti. Tiga belas malaikat Tuhan kemudian berpencar dan mencari kandidat Tuhan baru, termasuk Mirai.

Untuk mendapatkan posisi Tuhan, Mirai dan Nesse harus mengalahkan 12 kandidat lainnya dalam 999 hari. Melansir laman Shueisha, sebanyak 20.965 orang membaca manga ini.

2. Seraph of The End (2012 - Berjalan)

Seraph of The EndFoto: Shueisha
Rekomendasi manga Jepang terbaik: Seraph of The End

Manga karangan Takaya Kagami ini berkisah tentang sebuah virus buatan manusia yang menewaskan orang dewasa serta hanya menyisakan anak-anak di bawah tiga belas tahun. Kejadian ini membangkitkan kembali vampir dan memperbudak manusia. 

Yuuichirou dan Mikaela Hyakuya adalah dua anak laki-laki yang ingin memberontak dan melarikan diri karena tak sudi diperlakukan kejam oleh kaum vampir. 

Dalam pelariannya, Yuuichirou diselamatkan sebuah organisasi pembasmi vampir.

Di bawah pelatihan pembasmi vampir, Yuuichirou berhasil masuk dalam pasukan pembasmi vampir, dirinya pun bertekad membalas dendam pada vampir yang membunuh keluarganya dan yang menangkap Mikaela.

Seraph of the End dibaca oleh 57.107 orang pada laman Mangaplus.

3. Dr. Stone (2017 - Berjalan)

Berbeda dengan komik lainnya, cerita Dr. Stone berkisah tentang kemunduran peradaban akibat suatu ledakan aneh yang membuat semua manusia di dunia berubah menjadi batu. 

Ajaibnya seorang anak berusia 16 tahun bernama Senku Ishigami berhasil lolos. Dengan otak jeniusnya, Senku dan temannya, Taiju berhasil memecahkan misteri itu.

Ia menyusun formula kimia tertentu dengan bahan yang didapatkan dari alam untuk membangun kembali peradaban manusia yang telah hilang.

Komik karangan Riichiro Inagaki dan Boichi ini dibaca 250.678 orang pada laman Mangaplus.

4. Black Clover (2015 - Berjalan)

Manga Black Clover berkisah tentang dua anak yatim Asta dan Yuno yang dibesarkan bersama di sebuah panti asuhan di desa Hage yang memuja kekuatan sihir.

Keduanya mempunyai mimpi yang sama, yaitu menjadi Kaisar Sihir, gelar untuk penyihir terkuat di kerajaan Clover.

Keduanya sempat dipandang remeh karena terlahir yatim dan miskin. Namun sesuatu yang mengejutkan terjadi, tatkala Yuno menunjukkan bakat sihir paling langka, sihir angin.

Manga karya Yuki Tabata kini telah mencapai chapter 273, dan dibaca oleh 406.783 orang menurut Mangaplus.

5. Ao No Exorcist (2009 - Berjalan)

Ao No ExorcistFoto: Shueisha
Rekomendasi manga Jepang terbaik: Ao No Exorcist

Dalam manga Ao No Exorcist, dunia terbagi menjadi dua. Bumi tempat manusia tinggal yang disebut Assiah, dan alam iblis yang disebut Gehenna. Iblis yang suka mengacau di dunia dibasmi oleh seorang Exorcist.

Narasi berpusat pada Rin Okumura, seorang yatim yang dibesarkan oleh pastor Shiro (seorang exorcist). Pastor Shiro menyelamatkan Rin dan Yukio, saudara kembarnya, saat iblis merasuki ayah mereka dan berusaha membunuh keduanya.

Chapter terbaru dari Manga karya Kazue Kato akan terbit pada kamis 3 Desember, sementara manga ini dibaca 53.096 orang pada laman Mangaplus. Sedangkan laman Myanimelist memberikan skor 7,98.

6. Vagabond (1998 - Berjalan)

Vagabond menceritakan kisah fiksi kehidupan dua samurai legendaris jepang, Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojiro.

Berlatar Jepang abad ke-16 era Sengoku, mengisahkan seorang anak bernama Shinmen Takezo dijauhi penduduk desa karena sifat dan penampilan yang liar, kasar, dan kejam, membuat penduduk desa resah dan tidak nyaman.

Akibat konflik yang dilakukannya di luar desa meresahkan, penduduk kemudian menggantung Takezo di pohon dan dibiarkan mati perlahan.

Namun hidupnya diselamatkan oleh biksu bernama Takuan Soho dan membaptisnya dengan nama baru Musashi Miyamoto. Musashi yang berhasil bertahan hidup kemudian bertekad mendalami seni pedang dan bertekad menjadi ahli pedang terbaik yang pernah ada.

Serial manga ini telah mencapai 300 chapter dan sudah vakum selama lima tahun akibat kesehatan Takehiko Inoue memburuk.

7. Shuumatsu No Valkyrie (2017 - Berjalan)

Shuumatsu No ValkyrieFoto: Comic Zenon (Tokuma Shoten)
Rekomendasi manga Jepang terbaik: Shuumatsu No Valkyrie

Konsep dari manga karya Fukui Takumi dan Umemura Shinya ini berkisah tentang pertarungan antara manusia dan dewa. Yang membuat unik, sosok manusia berasal dari tokoh sejarah dunia, pelaku kriminal dunia, olahragawan dunia, hingga jenderal perang dunia.

Sementara dari sisi dewa, menampilkan deretan dewa Yunani, Jepang, Mesir, dan India.

Kisah bermula dari sebuah konferensi para dewa yang diadakan setiap seribu tahun, dalam konferensi tersebut akan para dewa akan memutuskan nasib umat manusia.

Melalui pemungutan suara, para dewa sepakat memusnahkan umat manusia. Namun, pada detik akhir salah seorang komandan Valkyrie bernama Brunhilde, meminta agar manusia sendiri menentukan nasib mereka dengan bertarung melawan para dewa.

Laman MyAnimeList memberikan skor Shuumatsu No Valkyrie 8,29 dengan jumlah pembaca 11.622 orang.

8. Tensei Shitara Slime Datta Ken (2015 - Berjalan)

Berkisah tentang Satori Mikami seorang pekerja kantoran yang menikmati karier gemilang dan hidup glamor, namun selalu gagal mendapatkan kekasih.

Suatu hari Satori dan temannya diserang di jalan. Ia ditusuk dan kehilangan banyak darah. Saat menjelang ajalnya, Satori mendengar bisikan dengan bahasa yang tidak dia mengerti.

Bisikan itu terus bergema hingga Satori membuka mata dan menyadari bahwa dia berada di dunia lain dengan wujud yang berbeda.

Sadar dirinya berada dalam sebuah gua gelap, Satori kemudian mencari jalan keluar dan bertemu dengan seekor naga bernama Veldora yang disegel selama 300 tahun.

Manga karya Taiki Kawakami dan Fuse cukup menarik, mengambil konsep isekai atau pindah dunia namun dengan pengembangan cerita yang mirip dengan game RPG (Role Playing Game).

Anda akan menemukan keseruan dari bermain RPG namun dalam bentuk sebuah manga. 

9. Mashle: Magic and Muscle (2020 - Berjalan)

Hampir serupa dengan Black Clover, cerita manga ini menyoal sihir tapi dengan sisi berbeda. Bercerita tentang Mash Vandead, seorang tanpa sihir yang hidup jauh di dalam hutan namun fisiknya sangat kuat.

Suatu hari ayah Mash diserang pengguna sihir yang tengah berburu di dalam hutan. Di sini lah identitas Mash tanpa sihir terungkap dan kehidupan damainya terusik.

Untuk menyelamatkannya, sang ayah memasukkan Mash ke dalam sekolah sihir Easton Magic Academy. Mash pun harus berjuang melawan para pengguna sihir dengan kekuatan fisiknya dan demi meraih gelar Divine Visionary.

Manga karya Hajime Komoto dibaca 185.544 pada laman Mangaplus sementara laman MyAnimeList memberikan skor 7,55 dengan 4.524 pembaca. Chapter terbaru serial manga ini direncanakan keluar pada 6 Desember.

10. Hunter X Hunter (1998 - Berjalan)

Hunter X HunterFoto: (dok. Madhouse/ Nippon Television Network via IMDb)
Rekomendasi manga Jepang terbaik: Hunter X Hunter

Manga lawas era 90 akhir Hunter X Hunter karya Yoshihiro Togasi, hingga kini masih digemari banyak orang. Manga ini mengalami banyak jeda sehingga baru mencapai chapter 390 dalam waktu 22 tahun.

Cerita berpusat pada Gon Freecss yang mendapati ayahnya meninggalkan dirinya ketika masih balita demi berpetualang. Menginjak remaja, Gon memutuskan mencari ayahnya. Namun untuk dapat berpetualang diperlukan izin khusus.

Setiap tahunnya selalu diadakan ujian Hunter dengan hadiah lisensi Hunter dan bonus lainnya. Ujian Hunter ternyata tidak semudah yang dipikirkan Gon, dirinya harus bersaing dengan ratusan ribu orang.

Hunter X Hunter dibaca 23.255 pada laman Mangaplus sementara MyAnimeList memberikan skor 8,69 dari 76.731 pembaca.

11. Boku No Hero Academia (2014 - Berjalan)

No Hero Academia berlatarkan dunia di mana hampir seluruh populasi manusia telah mengembangkan kekuatan super yang disebut Quirks.

Setiap orang memiliki Quirks berbeda-beda dan jarang ada Quirks yang sama. Quirks ini yang kemudian memutuskan seseorang menjadi penjahat atau pahlawan.

Tokoh utama Izuku Midoriya dikisahkan ingin menjadi pahlawan nomor 1 di Jepang, meskipun dia tidak memiliki Quirks. Sebuah kejadian pahit, membuat All Might mewariskan Quirk One for All-nya kepada Midoriya.

Boku No Hero Academia karya Kohei Horikoshi telah mencapai chapter 292 dan dibaca 584.906 orang. Laman MyAnimeList memberikan skor 8,36 dengan jumlah pembaca 122.096.

12. Boruto (2016 - Berjalan)

Manga Boruto: Naruto Next GenerationsFoto: dok. Manga Plus
Rekomendasi manga Jepang terbaik: Boruto: Naruto Next Generations

Manga Boruto layak masuk dalam salah satu rekomendasi manga Jepang terbaik. Pasalnya manga ini mengambil latar beberapa tahun setelah pertarungan sengit Naruto Sasuke melawan Kaguya.

Dalam manga Boruto, Naruto dan teman-temannya pun digambarkan hidup damai dan bersahabat baik dengan desa lain.

Situasi tanpa pergolakan ini membuat generasi Boruto kurang antusias berlatih teknik ninja dan menganggap Naruto sebagai ayah yang tidak peduli keluarga, karena selalu sibuk mengurusi desa.

Pada suatu ketika, Sasuke Uchiha kembali ke Konoha setelah menyelidiki kasus tertentu. Sasuke menduga akan terjadi serangan besar kepada Konoha dan meminta Naruto berjaga-jaga serta memperingatkan teman-temannya dan desa lain.

Boruto yang saat itu menjadi anggota regu ninja pimpinan Konohamaru, terkesima melihat ayah Sarada Uchiha, putri Sasuke dan Sakura. Boruto memohon kepada Sasuke untuk dijadikan muridnya guna melewati ujian Chunin dan menunjukan kepada Naruto bahwa dia bukanlah anak manja.

Lalu sebuah serangan terjadi saat ujian Chunin berlangsung. Desa Konoha diserang, Naruto dan Sasuke berada di garis terdepan menyelamatkan Konoha.

13. Dragon Ball Super (2015 - Berjalan)

Dragon Ball Super berada di peringkat lima besar Shonen. Cerita dibuka dengan damainya bumi setelah Majin Buu dikalahkan. Bumi yang damai membuat Son Goku aktif bertani bersama keluarganya.

Suatu ketika, datang makhluk dari luar bumi yang memiliki kekuatan hebat ke alam Kaioo. Makhluk bernama Beerus dikenal sebagai Dewa Penghancur.

Son Goku yang tengah berlatih di alam Kaioo secara tak sengaja bertemu dengan Beerus. Meski telah berubah hingga Super Saiyan tahap 3, Goku masih tak bisa mengalahkannya.

Beerus kemudian teleportasi menuju bumi, untuk mencari petarung saiya lainnya, namun Goku dan Vegeta menyadari tak bisa mengalahkan Beerus.

14. One Punch Man (2012 - Berjalan)

One Punch Man. (Dok. Animax)Foto: Dok. Animax
Rekomendasi manga Jepang terbaik: One Punch Man.

One Punch Man bercerita tentang Saitama, seorang siswa yang mempunyai mimpi menjadi pahlawan namun tidak memiliki kekuatan. Hingga latihan keras selama tiga tahun yang dia jalani membangkitkan sebuah kekuatan super yang luar biasa.

Dengan kekuatan supernya, dia mampu mengalahkan siapa pun hanya dengan satu pukulan. Meski telah banyak menyelamatkan orang, Saitama tak diakui sebagai pahlawan.

Untuk mendapat pengakuan, Saitama mengajak manusia cyborg Genos menjadi pahlawan dan mengalahkan musuh kuat yakni pemimpin monster.

One Punch Man mencetak 2,2 juga kopi pada 2013 dan meningkat hingga 11,1 juta kopi pada 2016. Manga ini juga masuk dalam nominasi Manga Taisho Awards pada 2014.

15. One Piece (1997 - Berjalan)

One PieceFoto: IMDB
Rekomendasi manga Jepang terbaik: One Piece

One Piece sepertinya patut menjadi manga Jepang terbaik lantaran mencatat penjualan tertinggi sepanjang masa dengan lebih dari 430 juta eksemplar pada 2017.

Tak hanya itu, One Piece juga menorehkan rekor cetakan manga tertinggi sepanjang masa di Jepang dengan 4,05 juta eksemplar pada 2012.

Serial One Piece masuk sebagai finalis dalam Tezuka Osamu Cultural Prize sebanyak tiga kali berturut-turut mulai dari 2000 hingga 2002. Dan pada 2012, One Piece memenangkan hadiah utama Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang ke-41.

Manga ini menceritakan Monkey D. Luffy, seorang anak dari pulau terpencil yang terinspirasi menjadi bajak laut setelah mendengar kisah petualangan bajak laut Gold D.Roger, dari bajak laut 'Rambut Merah' Shanks.

Kehidupan bajak lautnya dimulai saat Luffy secara tidak sengaja memakan buah iblis Gum-Gum dan mendapatkan kekuatan meregang seperti karet, dengan tumbal tidak dapat berenang.

Menginjak remaja, Luffy membulatkan tekad memulai petualangannya. Mendayung sendiri perahu kayunya demi mendapatkan kru kapal untuk mencari harta karun fenomenal yang ditinggalkan mantan raja bajak laut Gold D.Roger.

Harta karun bernama One Piece disebut sebagai harta karun terbesar di dunia. Selain berambisi mendapatkan harta karun, Luffy juga berambisi menjadi Raja Bajak Laut.

Manga One Piece termasuk yang paling banyak dibaca pada platform Mangaplus, hingga Jumat (4/12/2020) dengan 629.254.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK