Ramai soal Penemuan Patung Masa Soekarno di Gedung Sarinah

CNN Indonesia | Sabtu, 09/01/2021 13:32 WIB
Warganet kini tengah diramaikan oleh kabar mengenai keberadaan patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno di Gedung Sarinah, Jakarta. Ilustrasi. Warganet kini tengah diramaikan oleh kabar mengenai keberadaan patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno di Gedung Sarinah, Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet kini tengah diramaikan oleh kabar mengenai keberadaan patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno di Gedung Sarinah, Jakarta.

Kabar tersebut disampaikan pertama kali lewat akun Instagram @liayuslan pada Jumat (8/1). Pemilik akun, Lia Yuslan, mengunggah tiga buah foto yang diambil dari proyek revitalisasi Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.

"Ada kejutan di project ini dengan ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3x12 m (foto di slide 3, patung feat me), yang selama ini disembunyikan di dalam struktur bangunan," tulisnya di keterangan foto.


[Gambas:Instagram]

Pada slide terakhir, terdapat sebuah foto di mana ia berpose di antara empat patung yang diklaimnya sebagai patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Sukarno.

Lebih lanjut, dalam keterangan foto, Lia mengatakan patung itu disebut disembunyikan di dalam struktur bangunan dan baru diketahui keberadaannya ketika bangunan dibongkar.

"Dan baru diketahui keberadaannya ketika bangunan dibongkar," tambahnya.

Unggahan itu pun memicu respons warganet. Sejumlah warganet mengaku terkejut dan meninggalkan komentar di dalamnya.

"Kok seru sih ada patungnya? Beneran tersembunyi?" tanya pemilik akun @nadyausabela.

"Keren itu patungnya..," tulis pemilik akun @rusdanakwam.

Tahun lalu, manajemen PT Sarinah telah menutup sedikitnya 34 gerai pada 10 Mei, termasuk gerai McDonald's pada pukul 22.05 WIB.

Direktur PT Sarinah, Fetty Kwartati beralasan, renovasi gedung akan segera dilakukan demi transformasi bisnis perusahaan.

"Sebagai bagian dari transformasi Sarinah yang juga melibatkan renovasi gedung, ada 34 tenant yang lokasinya termasuk direnovasi," kata Direktur PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati seperti dikutip Antara, Minggu (10/5/2020).

Fetty memastikan, transformasi Sarinah yang didirikan sejak 1962 dan beroperasi pada 1966 tersebut bakal tetap menjaga keutuhan warisan pendiri bangsa. Perubahan, kata dia, sebatas pada kemasan guna menyesuaikan kekinian. Dengan begitu, masa depan pertumbuhan usaha bisa berkelanjutan.

Gedung yang berusia lebih dari setengah abad ini, kata Fetty, memang sudah saatnya direnovasi untuk menjaga kekokohan struktur. Namun begitu, pihaknya tetap mempertimbangkan 'golden rule' terkait keselamatan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

Menurut dia, rencana renovasi sebenarnya sudah lama dicanangkan namun baru saat ini mulai digulirkan.

Rencananya renovasi gedung Sarinah dimulai pada Juni 2020. Namun, karena pandemi Covid-19 belum mereda maka pekerjaan pun masih sebatas desain, arsitektur, pemetaan, audit teknis atau kegiatan lain yang tidak menimbulkan kerumunan. Kemudian baru dilanjutkan dengan konstruksi fisik.

Sarinah pun menjanjikan akan mengumumkan peta arah dan cetak biru transformasi perusahaan.

(ans/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK