Justice League Snyder's Cut Dipastikan Jadi Film Empat Jam

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 11:01 WIB
Sutradara Zack Snyder mengonfirmasi bahwa Justice League versinya alias Snyder's Cut akan berdurasi empat jam dan tak akan jadi serial. Sutradara Zack Snyder mengonfirmasi bahwa Justice League versinya alias Snyder's Cut akan berdurasi empat jam dan tak akan jadi serial. (Dok. www.warnerbros.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Zack Snyder mengonfirmasi bahwa film Justice League versinya alias Snyder's Cut akan berdurasi empat jam dan tak akan jadi serial. Pernyataan itu ia sampaikan dengan membalas komentar netizen pada media sosial Vero.

Mulanya, seorang pengguna akun @bcthebeast bertanya apakah Justice League Snyder's Cut dijadian serial atau film. Kemudian Snyder menjawab dengan singkat.

"One shot (satu film)," tulis Snyder.


Pernyataan Snyder dalam Vero beredar di jagat media sosial Twitter. Pengguna akun bernama @WhatsOnHBOMax yang mengunggah tangkapan layar pernyataan Snyder tersebut.



Sebelumnya, diberitakan NME, muncul wacana Justice League Snyder's Cut akan dibagi menjadi empat episode serial karena durasi yang panjang. Juli lalu Snyder mengatakan durasi Justice League mencapai 214 menit.

Kala itu Justice League masih dalam proses pasca produksi sehingga Snyder membuka kemungkinan durasi akan lebih panjang. Salah satunya penyebab durasi film ini panjang adalah penambahan materi baru.

Durasi Justice League Snyder's Cut jauh lebih lama ketimbang Justice League versi reguler yang berdurasi 120 menit. Begitu juga bila dibandingkan dengan Justice League versi extended cut yang hanya sedikit lebih lama ketimbang versi reguler.

Justice League Snyder's Cut dijadwalkan rilis pada Maret mendatang di layanan streaming HBO Max. Namun, sampai saat ini belum ada tanggal perilisan pasti film pahlawan super itu.

Justice League Snyder's Cut masuk dalam kategori film 'director's cut', sebuah film yang secara khusus digarap sebagaimana dengan keinginan sutradara yang menggarap film tersebut.

Kata 'cut' sendiri merujuk suatu proses penyuntingan atau pemotongan adegan yang biasa dilakukan dalam pembuatan film. Biasanya, pemotongan adegan dalam proses edit dilakukan dalam dua tahap.

Film yang tayang di bioskop umumnya mengalami banyak pemotongan adegan agar durasi tak terlalu lama dan bisa tayang beberapa kali dalam satu hari. Pemotongan adegan ini seringkali tak sesuai dengan keinginan sutradara.

Diketahui, Snyder mengundurkan diri pada proses pasca produksi Justice League setelah menyelesaikan pekerjaannya pada 2016. Posisinya digantikan oleh sutradara The Avengers, Joss Whedon, yang digandeng Warner Bros. untuk menyelesaikan pasca produksi.

(adp/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK