Review Single: Kolaborasi Diskoria, Laleilmanino, Eva Celia

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 11:45 WIB
Diskoria dan Laleimanino sukses membuat lagu dengan komposisi dan aransemen yang padu meski berisikan banyak alat musik. Evacelia kolaborasi dengan Diskoria dan Laleilmanino. (Dok. Suara Disko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak butuh waktu lama bagi saya untuk menyukai lagu C.H.R.I.S.Y.E. hasil kolaborasi kolektif Diskoria, trio produser Laleilmanino, dan solois Eva Celia. Saat mendengarkan pertama kali, saat itu pula tenggelam dalam lagu ini.

Tepat setelah mendengarkan, saya bisa mengatakan bahwa C.H.R.I.S.Y.E adalah lagu yang lengkap dengan konsep yang matang. Mulai dari komposisi musik, aransemen, sampai penulisan lirik digarap dengan baik.

Seperti Balada Insan Muda dan Serenata Jiwa Lara, Diskoria konsisten menyajikan musik disko era 80-90-an dalam C.H.R.I.S.Y.E. Bukan hanya dengan bebunyian elektronik, tetapi juga dengan alat musik lain.


Penambahan alat musik dalam lagu ini menjadi salah satu unsur yang membuat C.H.R.I.S.Y.E mebarik dan tidak membosankan. Bunyi perkusi pada intro lagu seakan sudah mengajak untuk berjoget.

Lebih dari itu, suara alat musik gesek dalam C.H.R.I.S.Y.E membuat lagu ini terasa megah. Terlebih pada bagian tengah lagu ketika bunyi alat musik gesek terdengar dominan.

Diskoria dan Laleimanino sukses membuat lagu dengan komposisi dan aransemen yang padu meski berisikan banyak alat musik. Semua terdengar pas dan tak ada yang berlebihan.

Peran Eva Celia dalam menyanyikan lagu ini juga layak mendapat apresiasi. Suaranya yang bisa dibilang berkarakter 'tipis' terasa sangat cocok membawakan C.H.R.I.S.Y.E.

Lagu ini menjadi terasa lengkap dengan dengan penulisan lirik yang luar biasa. Anindyo Baskoro menulis lirik lagu ini dengan menggunakan penggalan dari 24 lagu almarhum Chrisye, beberapa di antaranya adalah Kala Cinta Menggoda dan Badai Pasti Berlalu.

Bila membandingkan dengan dua lagu Diskoria terdahulu, C.H.R.I.S.Y.E. jauh lebih bagus dari berbagai aspek. Selain karya-karya Chrisye, lagu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengenang musisi kelahiran Jakarta itu.

(adp/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK