Raffi Ahmad Siap Terima Vaksin Covid-19 Kedua

CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2021 07:50 WIB
Selebritas Raffi Ahmad mengaku siap untuk menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua, seperti yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (27/1). Selebritas Raffi Ahmad mengaku siap untuk menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua, sebagaimana yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (27/1). (Tangkapan Layar youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selebritas Raffi Ahmad mengaku siap untuk menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua, seperti yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (27/1).

"Aku Insyaallah, harusnya sama (dengan Jokowi)," ujar Raffi seperti dikutip DetikHot, Rabu (27/1).

Raffi sudah menerima vaksin pertama Covid-19 bersamaan dengan Jokowi di Istana Negara pada 13 Januari lalu.


Sesuai aturan, Raffi memang seharusnya menerima vaksinasi kedua. Namun, Raffi mengaku belum mengetahui detail waktu vaksinasi kedua itu.

"Nanti aku dikabarin sih, antara besok atau lusa deh. Nanti aku lihat cek undangannya. Aku belum cek sih, tapi pasti kan akan sama. Ada vaksinasi yang kedua," ucap Raffi.

Raffi kemudian mengaku tak mengalami gejala apa pun setelah menerima vaksinasi pertama pada dua pekan lalu.

"Lancar, enggak ada apa-apa. Tetap sehat. Ini aku Alhamdulillah dari pertama sampai sekarang dikasih, sehat terus. Ada vaksin Alhamdulillah," katanya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk turut serta dalam program vaksinasi ini agar masa pandemi Covid-19 cepat berlalu.

"Dari kemarin juga dapat vaksin ya kita sosialisasikan, ceritain ke orang-orang bahwa vaksin itu bagus buat kita. Karena buat negara kita juga supaya ekonominya bangkit lagi, kita sehat semuanya. Jadi semangat buat semuanya. Jangan takut vaksin,"katanya.

Raffi sendiri sempat memicu kontroversi setelah didapuk untuk menjadi salah satu penerima pertama vaksin Covid-19.

Tak lama setelah menerima vaksin, Raffi mendatangi sebuah acara bersama teman-temannya tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Kisruh bermula ketika selebritas Anya Geraldine mengunggah foto di Instagram Story. Dalam foto itu, terlihat Raffi, Nagita Slavina, Anya, pembalap Sean Gelael, dan Gading Marten, berpose berdempetan tanpa mengenakan masker.

Di bawah foto itu, Anya menuliskan, "Bener-bener @raffinagita1717 abis dikasih vaksin langsung nongkrong enggak ada protokol kesehatan. Buang-buang jatah vaksin aja, beb."

Tak lama setelah foto itu viral di media sosial, pihak Istana Kepresidenan menegur Raffi dan mengingatkan selebritas itu untuk tetap patuh protokol kesehatan setelah divaksin.

Raffi lantas mengunggah pernyataan maaf kepada Jokowi dan rakyat Indonesia secara keseluruhan melalui jejaring sosialnya.

"Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," kata Raffi melalui Instagram.

Raffi kemudian menjelaskan bahwa ia berkumpul bukan di tempat umum, melainkan di rumah pribadi ayah salah satu temannya.

"Di situ juga sebelum memasuki rumahnya, mematuhi protokoler, tetapi pas di dalam, kebetulan saya lagi makan, tidak pakai masker, dan ada yang foto. Namun apa pun itu, saya tetap meminta maaf karena kejadian ini jadi heboh," ucapnya.

[Gambas:Instagram]

Ia pun kembali mengimbau semua pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan, yaitu 3 M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Meski demikian, seorang advokat publik, David Tobing, tetap melayangkan gugatan terhadap Raffi yang dianggap melanggar hukum karena tak memathui protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Sejumlah aturan yang dimaksud yaitu Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Covid-19, Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19, dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Pengadilan Negeri Depok dijadwalkan menggelar sidang perdana gugatan kasus pelanggaran protokol kesehatan ini pada hari ini pukul 10.00 WIB.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK