Kicauan Iwan Fals, Usul Megawati-JK Maju di Pilpres 2024

CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2021 05:37 WIB
Iwan Fals berpendapat seseorang yang sudah berusia seperti Megawati dan JK sudah tak memiliki ambisi pribadi. Musisi Iwan Fals usul Megawati dan JK maju pada Pilpres 2024. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Iwan Fals mengusulkan agar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden ke-12 RI Jusuf Kalla maju dalam Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan Iwan Fals melalui Twitter, Senin (1/2). Musisi legendaris itu berpandangan seseorang yang berusia seperti Megawati dan JK sudah tak memiliki ambisi pribadi.

"Mungkin ada bagusnya kalau Bu Mega dan Pak JK maju di 2024, biasanya umur2 segitu kan ambisi pribadinya sudah gak ada, kecuali bagaimana mensejahterakan bangsa dan yang muda-muda itu...barangkali...," tulis @iwanfals, dikutip Selasa (2/2).


Megawati yang pernah menjadi Presiden ke-5 RI itu kini berusia 74 tahun, sementara JK yang kini menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) menginjak 78 tahun.

Tak hanya itu, penyanyi lagu 'belalang tua' itu juga mengusulkan agar kabinet Megawati-JK diisi para sesepuh. Menurutnya, mereka yang muda tinggal menerima saja.

"Oh ya sekalian kabinetnya para sesepuh, asik kali ya, yang muda-muda tau beres aje," ujarnya.

Megawati menjabat sebagai Presiden ke-5 RI menggantikan mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pada 2001 lalu. Ia pun memimpin sampai 2004.

Megawati kembali maju dalam Pilpres 2004, namun kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berpasangan dengan JK. Ia mencoba lagi maju pada Pilpres 2009, dan lagi-lagi kalah dari SBY.

Putri Presiden pertama Sukarno itu akhirnya memutuskan tak maju pada Pilpres 2014. Ia memberikan mandat partai kepada Joko Widodo selaku calon presiden yang duet dengan JK. Jokowi pun menang, JK menjadi wakil presiden.

JK sendiri berhasil menjadi wakil presiden ketika mendampingi SBY pada 2004-2009. Ia pun mencoba peruntungan menjadi calon presiden pada Pilpres 2009, namun kandas dari SBY. JK kembali menjabat wakil presiden ketika mendampingi Jokowi pada 2014-2019.

(tim/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK