Kreator Siap Rilis Ampun Bang Jago 2 Usai Viral

CNN Indonesia
Rabu, 03 Feb 2021 16:32 WIB
Salah satu kreator lagu Ampun Bang Jago, Jonathan Dorongpangalo alias Tian Storm, mengaku siap merilis lagu Ampung Bang Jago 2 setelah viral. Kreator ungkap akan rilis Ampun Bang Jago 2. (Mink Mingle/StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu kreator lagu Ampun Bang Jago, Jonathan Dorongpangalo alias Tian Storm, mengaku siap merilis lagu Ampung Bang Jago 2 setelah viral lantaran digunakan untuk aerobik oleh perempuan asal Myanmar.

Sedianya, lagu yang ia garap bersama Everly Salikara alias Everslkr dijadwalkan rilis dalam beberapa pekan ke depan. Namun, akan dirilis dalam beberapa hari ke depan setelah viral.

"Besok kami merilis Ampun Bang Jago 2 karena di Myanmar ramai. Liriknya sama seperti yang pertama, tetapi ada mixing yang sedikit berbeda," kata Tian kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Rabu (3/2).


Ia melanjutkan, "Kalau Ampun Bang Jago pertama soundrop menggunakan suara sirene polisi, kalau yang kedua akan berbeda. Ya buat seru-seruan saja, yang kedua tidak sesarkas yang pertama."

Ampun Bang Jago 2 akan dirilis bersamaan dengan video lirik. Sementara, video musik yang bekerja sama dengan Tim Tarsius dari Polres Bitung akan dirilis di masa mendatang.

Ampun Bang Jago versi pertama sendiri dirilis Tian dan Everslkr pada September 2020 lalu. Lagu itu menjadi sangat terkenal setelah dipakai banyak pengguna media sosial TikTok dan Instagram.

Ampun Bang Jago merupakan lagu sindiran bagi orang yang merendahkan orang lain dan merasa paling benar. Lagu ini diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi mereka berdua.

Tian dan Everslkr tergabung dalam kolektif musik bernama Bassgilano yang berdiri sejak 2016. Sebelum Ampun Bang Jago, mereka juga membuat lagu Anjing Kacili pada November 2017 yang juga ramai di TikTok.

"Kami berjuang sendiri, dulu rekaman hanya pakai ponsel. Setiap dapat tawaran manggung kami menabung untuk beli alat-alat penunjang produksi lagu dan video musik. Ya Bassgilano ini seperti manajemen juga sih," kata Tian.

Musik yang diusung Ampun Bang Jago dan Anjing Kacili disebut sebagai disko tanah. Sebutan itu merujuk pada kebiasaan warga setempat yang kerap berjoget di ruang terbuka pada suatu acara asalkan ada sound system.

Tian tidak tahu pasti sejak kapan kebiasaan disko tanah terjadi di Bitung. Berdasarkan keterangan orang tua setempat yang didapat Tian, kebiasaan itu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

"Ada tarian belanda yang masih top di Minahasa, namanya Tari Katrili. Pada dasarnya disko tanah itu orang berjoget di luar ruangan ketika ada hajatan, ya kalau zaman dulu kayak pesta rakyat," kata Tian.

Mulanya, gelaran disko tanah kerap kali menggunakan lagu-lagu musisi asing. Salah satunya adalah lagu Boom, Boom, Boom, Boom!! milik Vengaboys.

Seiring berjalannya waktu, lagu yang dipakai dalam gelaran disko tanah lebih variatif. Musisi tempat me-remix lagu yang sedang viral untuk menarik massa, seperti remix lagu Goyang Dumang dan Gangnam Style.

"Bisa diklaim mulai pakai lagu lokal yang buatan sendiri setelah kami. Semua orang berlomba-lomba untuk bikin remix terbaik sendiri sampai akhirnya membuat lagu sendiri," kata Tian.

Lebih lanjut, Tian merasa bersyukur Ampun Bang Jago yang tergolong lagu disko tanah bisa dikenal secara nasional. Bahkan dikenal secara internasional setelah masuk TikTok dan digunakan sebagai latar aerobik di Myanmar.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER