Sinopsis Layla Majnun, Dilema Antara Cinta, Cita, Keluarga

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/02/2021 12:17 WIB
Berikut sinopsis film Layla Majnun yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Reza Rahadian. Berikut sinopsis film Layla Majnun yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Reza Rahadian. (dok. Starvision/Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perjuangan perempuan menggapai cita-cita juga cinta sejati digambarkan dalam film Layla Majnun yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Reza Rahadian, berikut sinopsisnya.

Layla Majnun menggambarkan perjuangan Layla (Acha Septriasa) dalam menentukan pilihan antara cita-citanya, cinta sejati, atau menjaga nama baik keluarga.

Layla merupakan seorang guru bahasa Indonesia sekaligus novelis yang memiliki penggemar bukan hanya di Indonesia, tetapi hingga ke luar negeri. Dalam novel itu, ia mengisahkan proses pemulihan dirinya dari luka ditinggal sang ayah yang meninggal saat Layla masih anak-anak.


Usai mendapatkan pengumuman bahwa dirinya diterima menjadi dosen tamu di sebuah universitas di Azerbaijan, Layla mendapatkan kabar tak terduga. Ia dijodohkan oleh Ibnu (Baim Wong), teman masa kecil sekaligus calon bupati yang banyak membantu keluarganya secara finansial.

Layla gamang. Ia yang selalu mendorong murid-murid perempuannya untuk menggapai mimpi dan tak hanya sekadar menyerahkan hidup untuk menikah, kini dihadapkan pada pilihan yang tak pernah ia sangka: perjodohan.

Film Layla MajnunLayla Majnun menggambarkan perjuangan Layla (Acha Septriasa) dalam menentukan pilihan antara cita-citanya, cinta sejati, atau menjaga nama baik keluarga. (dok. Starvision/Netflix)

Atas nama berbakti kepada keluarga, Layla terpaksa menerima perjodohan tersebut. Namun ia bernegosiasi untuk tetap bisa ke Azerbaijan dan mengajar di sana. Keinginan Layla dikabulkan.

Namun situasi makin pelik ketika Layla tiba di Negeri Api itu. Ia bertemu dengan Samir (Reza Rahadian), pria Azerbaijan yang pernah menjadi pelajar di Indonesia dan merupakan seorang penggemar sastra juga novel karya Layla.

Dalam perjalanannya, Layla dan Samir terlibat asmara. Layla pun menghadapi berbagai keruwetan dan dihadapkan oleh berbagai janji yang kini menagihnya, dengan latar kisah Layla Majnun karya penyair asal Azerbaijan, Nizami Ganjavi.

Adaptasi Bebas

Film Layla Majnun digarap oleh Monty Tiwa yang juga ikut menulis bersama Alim Sudio. Film ini diakui oleh Monty sebagai sebuah penghormatan atas kisah melegenda Layla Majnun karya Nizami Ganjavi.

"Ini bisa dilihat sebagai usaha-usaha kami, persembahan ke karya asli dan kreator asli Layla Majnun," kata Monty dalam jumpa media secara virtual, beberapa waktu lalu.

Monty mengaku sedari awal menggunakan kisah legendaris Layla Majnun sebagai penyerta cerita cinta Layla dengan Samir. Dalam kisah asli Layla Majnun, dilema cinta dirasakan oleh Layla dan Qays.

Film Layla MajnunSamir (Reza Rahadian), pria Azerbaijan yang pernah menjadi pelajar di Indonesia dan merupakan seorang penggemar sastra juga novel karya Layla. (dok. Starvision/Netflix)

Namun Monty menyebut memilih memberikan "adaptasi bebas" atas karya legendaris itu dalam polemik cinta Layla dan Samir yang lebih terasa lokal.

"Saya memang sejak dari awal dari masih tataran ide sudah sudah mengkondisikan tayangan ini untuk di tonton sebanyak mungkin orang," kata Monty. "Artinya harus renyah, harus pop, dan harus mudah dimengerti,"

"Ini adalah adaptasi bebas dan adalah tafsiran kami tentang cerita asli Layla Majnun dari Nizami Ganjavi," lanjutnya.

"Tapi tentunya ini bisa menjadi lebih autentik lagi dan lebih menjaga, lebih menghormati lagi budaya Nizami Ganjavi yang dari Azerbaijan, kami sampai syuting di sana, kami juga melibatkan karakter-karakter yang asli dari sana." kata Monty Tiwa.

Film Layla Majnun tercatat untuk remaja dan bisa disaksikan di Netflix mulai 11 Februari 2021.

[Gambas:Youtube]



(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK