Cerita Lagu Spesial Iwan Fals, Galang Rambu Anarki

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 19:13 WIB
Mendiang Galang Rambu Anarki merupakan anak sulung dari pasangan suami istri Iwan Fals dan Rosana yang menikah pada 1980. Mendiang Galang Rambu Anarki merupakan anak sulung dari pasangan suami istri Iwan Fals dan Rosana yang menikah pada 1980. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Galang Rambu Anarki menjadi perbincangan di jagat media sosial Twitter hari ini (18/2). Nama itu menjadi perbincangan setelah Kinasih Menyusuri Bumi, nama anak Fiersa Besari, sempat jadi trending topic kemarin (17/2).

Mendiang Galang merupakan anak sulung dari pasangan suami istri Iwan Fals dan Rosana yang menikah pada 1980. Ia lahir kurang lebih dua tahun setelah Iwan menikah, tepatnya pada 1 Januari 1982 di Jakarta.

Bukan hanya tertulis dalam akta kelahiran, nama Galang juga menjadi tajuk lagu Galang Rambu Anarki. Lagu itu terdapat dalam album berjudul Opini yang dirilis pada 1982, bersamaan dengan kelahiran Galang.


Bila didengarkan sekilas, lagu ini terasa sangat personal bagi Iwan. Hal itu terlihat jelas dari lirik baik pertama yang berisikan informasi siapakah seorang Galang dan kapan ia lahir.

Galang rambu anarki anakku
Lahir awal januari menjelang pemilu
Galang rambu anarki dengarlah
Terompet tahun baru menyambutmu

Namun, secara keseluruhan, lagu ini menggambarkan situasi sosial secara umum karena menangkap peristiwa kala lagu dibuat. Pada tahun itu harga BBM naik sehingga harga kebutuhan pokok ikut naik.

Terompet tahun baru menyambutmu
Galang rambu anarki ingatlah
Tangisan pertamamu ditandai bbm
Membumbung tinggi

Sorotan isu sosial dalam lagu ini menjadi ciri khas dari musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto tersebut. Sudah sejak dulu Iwan Fals dikenal vokal menyuarakan kritik dan membahas isu sosial dalam karyanya.

Dengan lirik yang lugas dan mudah dipahami, Iwan menjelaskan bahwa kelahiran Galang ditandai dengan kenaikan harga BBM di Indonesia. Disambung dengan permintaan maaf bila tak bisa membeli susu untuk anaknya.

Maafkan kedua orangtuamu
Kalau tak mampu beli susu
Bbm naik tinggi
Susu tak terbeli orang pintar tarik subsidi
Mungkin bayi kurang gizi

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

Meski bertajuk Galang Rambu Anarki dan menangkap isu sosial yang sedang terjadi, lagu ini bisa mewakilkan perasaan orang lain yang tidak mampu membelikan susu untuk anaknya. Namun, orang tua pasti berusaha dan berharap yang terbaik untuk anaknya.

Seperti Iwan, yang mendoakan Galang agar cepat besar, tidak ragu, dan bisa melawan dunia. Doa Iwan ada dalam nadi Galang Rambu Anarki.

Galang rambu anarki anakku
Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras, janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku

[Gambas:Youtube]



(adp/end/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK