Lukisan Masjid Churchill Milik Angelina Jolie Terjual Rp164 M

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 18:22 WIB
Lukisan masjid karya Winston Churchill milik Angelina Jolie terjual lebih dari US$11,5 juta atau sekitar Rp164,6 miliar dalam lelang yang digelar Senin (1/3). Lukisan masjid karya Winston Churchill milik Angelina Jolie terjual lebih dari US$11,5 juta atau sekitar Rp164,6 miliar dalam lelang yang digelar Senin (1/3). (AFP/Tolga Akmen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lukisan masjid karya Winston Churchill milik Angelina Jolie terjual lebih dari US$11,5 juta atau sekitar Rp164,6 miliar dalam lelang yang digelar Senin (1/3).

Lukisan bertajuk Tower of the Koutoubia Mosque terjual di rumah lelang Christie seharga £8,25 juta atau sekitar US$11,5 juta, melebihi harga perkiraan yang hanya sekitar £1,5 juta hingga £2,5 juta.

Seperti dilansir AP, penjualan itu membuat Tower of the Koutoubia Mosque mencetak rekor karena lukisan Churchill lainnya terjual di bawah £1,8 juta.


Lukisan karya Churchill itu memperlihatkan masjid di Marrakesh, Maroko, pada abad ke-12 dengan latar belakang matahari terbenam dan Pegunungan Atlas. Gambar ini dianggap sebagai bagian dari sejarah politik dan Hollywood.

Churchill merampungkan lukisan itu pada masa perang, setelah Konferensi Casablanca pada Januari 1943, di mana ia bersama Presiden AS Franklin D. Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman.

Setelah konferensi, kedua pemimpin itu mengunjungi Marrakesh dan Churchill menunjukkan keindahan kota itu kepada Roosevelt. Churchill juga memberikan lukisan keindahan pemandangan Maroko tersebut sebagai kenang-kenangan.

Lukisan itu kemudian dijual putra Roosevelt setelah sang ayah meninggal pada 1945. Lukisan itu sempat dimiliki beberapa orang hingga akhirnya jatuh ke tangan Angelina Jolie dan Brad Pitt pada 2011.

Namun, pasangan itu kemudian berpisah pada 201. Setelah itu, mereka sibuk mengurus proses perceraian, termasuk pembagian koleksi seni yang begitu banyak.

Hingga akhirnya, lukisan tersebut menjadi bagian Jolie Family Collection. Lukisan itu sekarang sudah punya pembeli baru yang identitasnya tidak diungkap kepada publik.

(chri/has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK