Sinopsis Rose Island, Ambisi Insinyur Nyentrik Bangun Pulau

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 17:31 WIB
Ingin tinggal di negara tanpa sekat kelas, seorang insinyur cerdas nekat membangun pulau sendiri dalam film Rose Island. Berikut sinopsis film Rose Island. Ingin tinggal di negara tanpa sekat kelas, seorang insinyur cerdas nekat membangun pulau sendiri dalam film Rose Island. (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berangkat dari ide untuk mewujudkan negara tanpa ada sekat kelas, seorang insinyur cerdas nekat membangun pulau sendiri dalam film Rose Island. Berikut sinopsis film Rose Island.

Film ini bercerita tentang seorang insinyur dari Italia bernama Giorgio Rosa (Elio Germano). Ia dikenal sebagai insinyur yang cerdas dan selalu memiliki ide kreatif, mulai dari membuat perlengkapan rumah tangga unik hingga mobil sendiri.

Meski cerdas, kehidupan sosial Giorgio tidak berjalan lancar karena cara berpikirnya selalu berseberangan dengan orang pada umumnya. Giorgio pun tidak akur dengan orang tua, juga ditinggal kekasihnya, Gabriella (Matilda De Angelis).


Situasi Giorgio semakin sulit dengan kemelut ekonomi dunia yang membawa dampak besar terhadap Italia. Situasi itu diperparah dengan kemunculan aturan pemerintah Italia yang begitu mencekik sebagian besar masyarakat, termasuk Giorgio.

Semua ini mendorong Giorgio untuk membangun sebuah tempat, di mana ia bisa merasakan kemerdekaan yang seutuhnya.

Berkat bantuan sahabat satu-satunya, Maurizio Orlandini (Leonardo Lidi), Giorgio nekat membangun pulau di wilayah perairan internasional yang bebas dari intervensi pihak manapun.

Meski tidak mudah, proyek ajaib Giorgio dan Maurizio tersebut akhirnya terwujud. Tidak hanya menjadi tempat tinggal mereka berdua, bangunan seluas 400 meter persegi yang berdiri di lepas Pantai Rimini itu mulai dibuka untuk umum.

Satu tahun berselang, Giorgio mendeklarasikan kemerdekaan Republik Rose Island dan menerapkan beberapa aturan layaknya sebuah negara, mulai dari bahasa resmi, mata uang, bahkan perangkonya sendiri. Tak butuh waktu lama bagi negara mungil ini untuk menarik minat turis dari dalam dan luar Italia.

Namun di tengah kejayaannya, Giorgio dan para penghuni Rose Island harus menghadapi berbagai tuduhan yang dilayangkan pemerintah Italia, seperti praktik penghindaran pajak dan pelanggaran kedaulatan.

[Gambas:Youtube]

Kisah Giorgio Rosa dalam membangun pulau tersebut tidak sekadar fiksi. Peristiwa ini benar-benar terjadi di Italia pada 1967 dan pernah menjadi proyek yang menggemparkan dunia.

Cerita tersebut dikemas dalam film Rose Island dengan mengusung genre drama komedi. Film ini disutradarai oleh Sydney Sibilia yang juga dikenal lewat sejumlah karya lain, seperti I Can Quit Whenever I Want (2014), I Can Quit Whenever I Want: Masterclass (2017), dan I Can Quit Whenever I Want: Ad Honorem (2017).

Film Rose Island tersedia di Netflix sejak 9 Desember 2020.

(nly/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK