Jelang Pemakaman Philip, Harry Tiba di Inggris Tanpa Meghan

CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 15:24 WIB
Harry dikabarkan telah tiba di Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya, Pangeran Philip, yang meninggal pada Jumat (9/4) di usia 99 tahun. Harry dikabarkan telah tiba di Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya, Pangeran Philip, yang meninggal pada Jumat (9/4) di usia 99 tahun. (AFP/ADRIAN DENNIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Harry dikabarkan telah tiba di Inggris untuk menghadiri pemakaman kakeknya, Pangeran Philip, yang meninggal pada Jumat (9/4) di usia 99 tahun.

ET menyebut Harry tiba di Inggris pada Minggu (11/4) waktu setempat. Harry tiba sendiri di Inggris karena istrinya, Meghan Markle, tidak mendapatkan izin dokter lantaran tengah hamil.

Harry sebelumnya dilaporkan akan melakukan segala cara untuk bisa kembali ke Inggris guna menghadiri pemakaman suami Ratu Elizabeth II tersebut, setelah sejumlah ketegangan dan drama terjadi antara dirinya dengan keluarga Kerajaan dalam beberapa waktu terakhir.


Kedatangan Harry di Inggris ini adalah kali pertama sejak Maret 2020, ketika ia dan Meghan menyelesaikan seluruh mereka sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Sejak saat itu, Harry, Meghan, dan anak mereka, Archie, pindah ke California.

Harry dan Meghan Markle sebelumnya telah memberi penghormatan khusus kepada mendiang melalui pernyataan di laman organisasi milik mereka, Archewell Foundation.

"Dalam Kenangan Penuh Kasih dari Yang Mulia Duke of Edinburgh, 1921-2021," tulis di laman beralamat archewell.com tersebut, Sabtu (10/4) dini hari waktu Indonesia.

"Terima kasih atas pengabdianmu.. Kau akan amat selalu dirindukan," tulis Harry dan Meghan.

Pemakaman Pangeran Philip akan dilaksanakan di St George 's Chapel di Kastil Windsor pada Sabtu (17/4) waktu setempat dan akan disiarkan di televisi. Prosesi itu akan dimulai dengan mengheningkan cipta dan sebuah upacara di halaman puri.

Sesuai dengan protokol kesehatan, Harry diwajibkan melakukan karantina terlebih dahulu dan tes Covid sebelum bergabung dengan keluarga Kerajaan Inggris di pemakaman yang rencananya digelar di St George's Chapel di Kastil Windsor.

Dalam wawancara dengan ET pada Jumat, salah satu penulis buku Finding Freedom: Harry and Meghan and the Making of a Modern Royal Family, Omid Scobie, Harry disebut "amat dekat" dengan kakeknya itu dan kematian Philip akan "amat sulit baginya".

"Tidak hanya dia berkilo-kilometer jauhnya dari keluarga dan Ratu ... dia juga tidak dapat langsung menjadi bagian dari apa yang terjadi di sini, di Inggris," kata Scobie.

"Keluarga kerajaan telah terbiasa dengan jenis alat komunikasi digital dan dia pasti akan berhubungan dengan keluarga," lanjutnya.

(Tim/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK