5 Angan Leonardo Da Vinci yang Jadi Nyata di Dunia Modern

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 16:06 WIB
Berikut lima angan Leonardo Da Vinci yang terwujud nyata di dunia modern. Ilustrasi helikopter. Ide helikopter pernah digagas oleh da Vinci. (Jonathan NACKSTRAND / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Leonardo da Vinci bukan hanya sekadar pelukis. Ia merupakan seorang ilmuwan lintas ilmu alias polymath genius yang juga membayangkan serta merancang sejumlah alat untuk memudahkan kehidupan manusia.

Namun ketika da Vinci merancang serangkaian alat itu dari idenya di era Renaissance atau pada abad ke-15 Masehi, semua itu baru berupa gagasan. Hingga berabad-abad kemudian, satu per satu angan da Vinci terwujud.

Berikut lima angan Leonardo da Vinci yang terwujud nyata di dunia modern.


Helikopter

Leonardo da Vinci pernah merancang sebuah alat yang diberi nama aerial screw alias "sekrup udara" pada 1489 yang menjadi 'nenek moyang' dari helikopter. Alat ini disebut terinspirasi dari gerak manusia kala berlari.

Desainnya seperti alat yang memiliki baling-baling berbentuk uliran sekrup. Pada dasarnya, alat itu adalah helikopter dengan tenaga manusia. Gagasan da Vinci itu termasuk fantastis dan mustahil diwujudkan pada era tersebut.

Hingga pada abad ke-20, helikopter pertama mulai diciptakan. Karya da Vinci dianggap sebagai salah satu protitipe paling awal, bila bukan sebagai yang pertama.

[Gambas:Instagram]



Kulkas

Da Vinci pernah memimpikan alat yang kini dikenal manusia sebagai kulkas. Sebuah desain yang disebut dibuat da Vinci pada 1492 di atas selembar kertas berisi sketsa kasar dan uraian sistem kerja alat yang disebut "cooling machine" itu.

Bentuk 'kulkas' ala da Vinci tak seperti kulkas pada saat ini. Da Vinci merancang sebuah alat yang memiliki kerja memompa udara ke tiga ruang kulit.

Alat itu mendorong udara tersebut dengan cepat melalui 18 corong menuju ruangan hampa udara yang menahan wadah untuk didinginkan.

Tak diketahui apakah da Vinci pernah benar-benar membuat mesin pendingin ini. Namun ini dianggap sebagai upaya pendinginan paling awal yang diketahui.


Angan da Vincida Vinci lainnya ada di halaman selanjutnya..

5 Angan Leonardo Da Vinci yang Jadi Nyata - Bagian 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK