RUNTAI SELEB

Keluarga Jadi Fondasi Isyana Sarasvati Masuk Industri Musik

adp, CNN Indonesia | Rabu, 28/04/2021 20:31 WIB
Keluarga dianggap penting bagi perjalanan karier seorang Isyana Sarasvati di industri musik Tanah Air, jadi support system utama seorang Isyana. Isyana Sarasvati (Foto: dok. Sony Music Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kehidupan seorang Isyana Sarasvati tak selalu bahagia, seperti tercermin di layar kaca dan di atas panggung. Ia pun pernah merasa stres, salah satunya saat tidak bisa mengerjakan sesuatu sesuai keinginan.

Pikirannya, kata Isyana, kala itu menjadi keruh karena dikepung banyak tekanan. Adalah support system atau dukungan yang membuatnya bisa kembali tenang dan keluar dari kondisi yang tidak menyenangkan itu.

"Menurut aku support system itu yang paling penting. Orang yang betul-betul bisa kita percaya, yang selalu ada di sisi kita, yang selalu bisa membantu kita," kata Isyana dalam wawancara virtual dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.



Ia menjelaskan bahwa support system paling besar dalam hidup adalah keluarga dan suaminya, Rayhan Maditra Indrayanto. Mereka sudah ada di sisi musisi asal Kota Kembang ini sejak dulu, sebelum terjun ke industri musik.

Isyana sendiri tak masuk dalam industri musik secara tiba-tiba dan asal. Sejak kecil ia mengikuti les piano dan biola, kurang lebih setiap hari ia menghabiskan waktu delapan jam untuk berlatih.

Dari situ sang ibu melihat bakat dan potensi Isyana hingga mendaftarkannya ke berbagai lomba. Puncak prestasi diraih ketika Isyana membuat lagu instrumental bertajuk Wings of Foreshadow, melewati beberapa tahap seleksi hingga dikonserkan di Jepang pada 2008.

Rara Sekar dan Isyana Sarasvati untuk kali pertama berkolaborasi lewat lagu Luruh.Isyana Sarasvati (kanan) dan sang kakak, Rara Sekar (Foto: CNN Indonesia/M. Andika Putra)

Bukan tanpa alasan, lagu itu Isyana buat karena rindu dengan Rara sang kakak yang berada di Amerika Serikat. Lewat lomba tersebut, Wings of Foreshadow lolos tingkat nasional, benua, dan dunia.

"Kami sister yang dari kecil enggak pernah berantem. Kan orang tuh pasti ngebayangin kalau perempuan waktu kecil jambak-jambakan, rebutan baju, yang kayak begitu kan. Itu enggak pernah ada sih," katanya mengingat masa kecil.

Pelantun lagu Il Sogno ini mengingat, Rara adalah penyegar pikiran ketika ia masih menimba ilmu di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura. Isyana juga sempat sekolah di Nanyang Academy of Fine Arts, Inggris.

Isyana dalam Bermusik: Kebahagiaan Diri Dulu, Baru Opini Orang Lain

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK