David Bayu Akui Band Naif Bubar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 21:00 WIB
Vokalis Naif, David Bayu, mengakui bahwa kondisi band tersebut Vokalis Naif, David Bayu, mengakui bahwa kondisi band tersebut
Jakarta, CNN Indonesia --

Vokalis Naif, David Bayu, buka suara terkait rumor bubar yang mengelilingi band tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Ia mengakui bahwa kondisi band tersebut "masuk kategori bubar".

David menyebut kondisi yang dihadapi oleh band itu tak lepas dari situasi pandemi yang terjadi. Ia merasakan bahwa ketika pandemi, semua orang menjadi semakin terpisah.

"Ya bisa dibilang masuk kategori bubar," kata David dalam video yang diunggah di akun YouTube miliknya, Senin (10/5) malam.

"Keputusannya? Sebenarnya waktu itu, sempat ada wacana sebelum kejadian ini, ada wacana kayaknya enggak bisa diterusin, dari salah satu personel," lanjutnya.


David mengakui bahwa dirinya sempat mengatakan kepada anggota band Naif yang lain untuk mengumumkan bubar pada ulang tahun band itu yang ke-25 pada Oktober 2020. Bagi David, Naif sudah memiliki usia yang cukup karena telah berkarier selama seperempat abad.

Namun ide tersebut disebutnya ditentang oleh Emil karena khawatir akan menjadi sorotan publik. David kemudian mengaku memegang kesepakatan tersebut setiap kali ditanya soal kondisi Naif.

"Jadi kalo ditanya orang ya gue bilang kami lagi vakum. karena janjiannya seperti itu," kata David.

David juga memberikan tanggapan ketika pernyataan bubar datang dari Emil kepada media beberapa waktu lalu. Ia menyebut tindakan Emil itu memicu dirinya kini buka suara. Ia berdalih dirinya dahulu selalu mengatakan vakum karena memegang komitmen untuk tidak memberitahukan kepada publik.

"Masalah? Harus ada," kata David ketika ditanya terkait masalah internal dalam Naif yang membuat keputusan ini muncul. Namun baginya kemunculan masalah adalah hal yang lumrah.

"Kalau ditanya ada masalah internal? Selalu ada," lanjutnya.

"Intinya gue, Emil, Pepeng, Jarwo, itu keluarga inti. Yang ya 25 tahun, gila, gue dan istri gue, lebih dulu Naif lah. Itu nilainya menurut gue, lebih tinggi dibanding Naif-nya," kata David yang juga mengatakan sempat ada perundingan dalam manajemen sebelum keputusan Emil keluar.

"Kalau dibilang Naif-nya bubar, ya enggak apa-apa. Tapi nilai tertingginya, gue, Emil, Pepeng, dan Jarwo, itu yang lebih tinggi dibanding Naif-nya," lanjut David. "Family brotherhoodnya itu,"

[Gambas:Youtube]

"Setiap akhir itu adalah awal baru. Dan, awal baru juga kita enggak tahu awal itu apa," kata David.

"Buat kawan-kawan semuanya, penikmat, yang apresiasi karya Naif, terima kasih, Naifnya udah enggak ada, tapi karyanya masih ada, tapi karyanya masih bisa kalian dengerin. Dengan kalian masih dengar karya kami, kalian ingat kami, itu bikin kita hidup, ada dalam hati, that's it, I love you," kata David.

Pernyataan David ini menegaskan rumor bubar yang sebelumnya santer muncul soal Naif. Pemain bass Naif, Emil Hussein, sebelumnya membenarkan bahwa dirinya hengkang dari grup tersebut.

"Iya. Benar (sudah keluar dari Naif)," kata Emil kepada CNNIndonesia.com melalui pesan di Instagram, Jumat (7/5).

Selain Emil, drummer Pepeng juga mengiyakan telah hengkang dari Naif.

"Seperti yang Emil bilang, memang benar (sudah keluar dari Naif)," ujar Pepeng melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (7/5).

Naif sendiri aktif di industri musik Indonesia sejak tahun 1995. Selama lebih dari 20 tahun, Naif telah melahirkan setidaknya 11 album studio.

(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK