Iwan Fals Komentari Peluang Timnas Indonesia vs Thailand

CNN Indonesia | Kamis, 03/06/2021 19:45 WIB
Musisi Iwan Fals menyoroti pemberitaan timnas Indonesia jelang melawan Thailand pada pukul 23:45 WIB nanti dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Iwan Fals komentari peluang Timnas Indonesia vs Thailand. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Iwan Fals menyoroti pemberitaan timnas Indonesia jelang melawan Thailand pada pukul 23:45 WIB nanti dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pria yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto mengunggah cuitan pada akun Twitter pribadi. Ia juga menyertakan tangkapan layar artikel berjudul 'Shin Tae Yong: Indonesia Wajib Menang atas Thailand.'

"Terus klo kalah gimana," tulis Iwan.


Kicauan yang diunggah pada pukul 12:01 WIB itu cukup menarik perhatian warganet alias netizen. Sampai pukul 18:30 WIB tadi kicauan itu telah dikicaukan ulang sebanyak empat kali dan disukai 77 kali.

Indonesia sendiri sering berhadapan dengan Thailand lantaran kedua negara berada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Ajang tingkat ASEAN seperti SEA Games dan Piala AFF menjadi kompetisi yang sering mempertemukan dua negara tersebut.

Selain itu, Indonesia dan Thailand juga beberapa kali bertemu di turnamen-turnamen mini dan ajang kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia. Belum lagi bila ditambah dengan kejuaraan di level junior.

Mulanya Indonesia lebih sering menang ketika berhadapan dengan tim yang dijukuli Gajah Perang itu. Namun, Thailand mulai bisa membalas dalam pertemuan-pertemuan di tahun 70-an.

Kedua negara silih berganti meraih kemenangan hingga tahun 80-an. Kemudian pada 90-an Thailand lebih sering menang atas Indonesia dan menjadi salah satu negara yang sulit dikalahkan.

Dalam 10 pertemuan terakhir, Timnas Indonesia meraih tiga kemenangan dan selebihnya kalah. Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Thailand dibukukan pada leg pertama final Piala AFF 2016 dengan skor 2-1.

Pertemuan terakhir Indonesia vs Thailand terjadi pada 10 September 2019 pada matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia yang saat itu ditangani Simon McMenemy kalah 0-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sampai saat ini duel Thailand vs Indonesia sudah berlangsung sebanyak 78 kali. Menurut situs 11vs11, Indonesia hanya berhasil menang 25 kali, kalah 39 kali, dan seri 14 kali.

Meski demikian mantan direktur teknik asosiasi sepak bola Thailand, Wittaya Laohakul, menilai Thailand harus berhati-hati menghadapi Indonesia. Tertama pada bagian sayap yang dihuni pemain-pemain cepat.

"Saya beritahu Anda ini bukan pertandingan yang mudah. Apalagi di sisi kanan Indonesia bisa begitu cepat. Dan Indonesia juga memiliki serangan balik yang bagus. Untuk yang satu ini harus sangat berhati-hati," ujar Laohakul.

Saat ini Thailand yang menempati peringkat ketiga di klasemen Grup G membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara, Indonesia sudah dipastikan tidak lolos.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK