Hak Cipta Butter BTS Dituduh Bermasalah, Agensi Buka Suara

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 17:35 WIB
Big Hit selaku agensi yang menaungi BTS akhirnya buka suara tentang kisruh masalah hak cipta single berbahasa Inggris kedua dari BTS, Butter. Hak Cipta BTS dituduh bermasalah, agensi buka suara. (Twitter @BIGHIT_MUSIC, @bts_bighit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Big Hit selaku agensi yang menaungi BTS akhirnya buka suara tentang kisruh masalah hak cipta single berbahasa Inggris kedua dari BTS, Butter. Dalam keterangan yang disampaikan pada Kamis (22/7), Big Hit menyatakan bahwa single Butter dari BTS tidak melanggar hak cipta.

"Telah dikonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta terkait "Butter." Ini adalah lagu yang diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini mengenai hak lagu tersebut," tulis Big Hit dalam pernyataan resmi mengutip dari Naver.

"Namun, kami menyadari klaim bahwa ada masalah terkait hak cipta, meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik "Butter", "pungkas Big Hit.


Sebelumnya, seorang DJ sekaligus komposer dari Belanda bernama Luca Debonaire, baru-baru ini mengunggah sebuah pernyataan di halaman Facebook pribadinya.

Dalam unggahan tersebut, Luca Debonaire menyatakan bahwa bagian dari lagu You Got Me Down, yang dia rilis pada Maret tahun lalu, terdapat dalam lagu Butter dari BTS.

Ia pun mengklaim bahwa ada bagian dari Butter mirip dengan lagunya. Lebih lanjut, Luca Debonaire menyatakan bagian tersebut yakni pada reff yang dimulai dengan lirik Side step, right-left, to my beat.

Hal itu menimbulkan kecurigaan bagi Luca De Bonaire. Ia pun mengatakan bahwa itu merupakan salinan dari aslinya atau one-to-one copy.

Namun, kemungkinan kasus ini mengarah ke masalah plagiarisme konvergen tidak kuat. Hal itu disebabkan orang yang menulis dua baris teratas atau melodi Butter dengan lagu You Got Me Down adalah orang yang sama.

Seperti yang diketahui, lagu Butter ditulis oleh Sebastian Garcia, yang juga menjadi penulis lagu You Got Me Down. Ia bahkan dikreditkan sebagai komposer lagu tersebut.

Sementara itu Luca DeBonaire diketahui ikut membeli kredit atas lagu You Got Me Down seperti Sebastien Garcia pada 2019 silam.

Lagu Butter merupakan single terbaru dari BTS yang dirilis pada 21 Mei 2021. Selain Sebastien Garcia, beberapa musisi juga terlibat dalam pembuatan lagu ini seperti Rob Grimaldi, Stephen Kirk, Ron Perry, Jenna Andrews, dan Alex Bilowitz.

Selain komposer luar, single ini juga melibatkan RM BTS yang berpartisipasi dalam penulisan liriknya. Ia berpartisipasi dalam menulis lirik untuk beberapa bagian, termasuk bagian rap dan bukan bagian chorus yang ramai dipermasalahkan.

Single Butter menjadi lagu berbahasa Inggris kedua BTS, setelah lagu 'Dynamite' yang masuk dalam nominasi Grammy tahun ini. Beberapa waktu lalu, Billboard mengumumkan lagu Butter dari BTS berhasil menduduki puncak tangga tangga Hot 100 selama tujuh minggu berturut-turut.

(nly/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK