Film M Night Shyamalan, Old Jadi Jawara Kejutan Box Office

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 11:55 WIB
Film thriller dari M. Night Shyamalan berjudul Old secara mengejutkan menduduki peringkat pertama di box office Amerika pekan ini. Film thriller dari M. Night Shyamalan berjudul Old secara mengejutkan menduduki peringkat pertama di box office Amerika pekan ini. (dok. Universal Pictures/Blinding Edge Pictures/Perfect World Pictures via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film thriller dari M. Night Shyamalan berjudul Old secara mengejutkan menduduki peringkat pertama di box office Amerika pekan ini dengan meraup pemasukan sebesar US$16,5 juta atau setara dengan Rp238 miliar.

Hasil ini di luar perkiraan. Pasalnya sejumlah pihak memprediksi film Snake Eyes dan Space Jam: A New Legacy yang akan memimpin jajaran box office akhir pekan kemarin.

Seperti dilaporkan Variety pada Minggu (25/7) waktu setempat, film Old mengantongi pemasukan dari box office internasional sebesar US$6,5 juta dari 23 wilayah. Sementara, pemasukan global film ini mencapai US$20 juta di debut.


Capaian tersebut sekaligus menjadi pendapatan akhir pekan pembukaan terendah dari sepanjang sejarah film M Night Shyamalan. Meski begitu, sutradara ini membiayai sendiri film Old dengan US$18 juta sehingga disebut Variety ia tak perlu memecahkan rekor untuk bisa mendapatkan untung.

Film Old merupakan film fiksi ilmiah misteri thriller yang ditulis, digarap, dan dibiayai sendiri oleh M Night Shyamalan. Film ini disebut terinpirasi dari novel grafis Sandcastle karya Pierre Oscar Levy dan Frederick Peeters.

Old mengisahkan petualangan sebuah keluarga yang tengah menikmati liburan di sebuah pantai terpencil. Liburan itu kemudian berubah menjadi mencekam ketika tak disangka mereka menua dengan begitu cepat hingga menyisakan hidup mereka tinggal sehari.

Film Old menjadi karya Shyamalan pertama yang bukan syuting di sekitar kampung halamannya di Philadelphia. Ia memilih Republik Dominika untuk syuting film ini sebelum pandemi.

Film ini mengalami penundaan rilis akibat pandemi Covid-19 hingga kemudian dirilis pada 23 Juli 2021 oleh Universal Pictures.

[Gambas:Youtube]



Sementara itu, film Snake Eyes menempati posisi kedua dengan meraih pemasukan sebesar US$13,3 juta dari 3.521 lokasi pemutaran. Sedangkan dari pemutaran luar negeri, film yang dibintangi Henry Golding ini menghasilkan pemasukan sebesar US$4 juta dari 37 pasar luar negeri.

Setelah unggul di pekan lalu, film Space Jam: A New Legacy atau yang juga dikenal sebagai Space Jam 2 mengalami penurunan di akhir pekan ini. Film Space Jam: A New Legacy kini berada di posisi keempat setelah film Black Widow yang mengisi posisi ketiga.

Film yang dibintangi Scarlett Johansson tersebut mengantongi pemasukan US$11,6 juta dari 4.250 lokasi pemutaran. Hasil itu menjadikan film ini telah meraup total pendapatan senilai US$154 juta di AS dan Kanada.

Kemudian film sekuel dari jagad Fast & Furious terbaru yakni F9 mengisi posisi kelima di tangga box office, dengan meraup tambahan pemasukan senilai US$4,7 juta di pekan kelima pemutaran. Hingga kini, film yang dibintangi Vin Diesel dan Michelle Rodriguez ini telah menghasilkan pemasukan sebesar US$ 163 juta dari pasar Amerika Utara.

Hasil itu juga menobatkan F9: The Fast Saga menjadi film Hollywood pertama dengan pemasukan melampaui US$600 juta dari pasar internasional pada masa pandemi Covid-19.

(nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK