Bersama Sandrayati, Iwan Fals Bikin Lagu dari Cuitan Twitter

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 21:00 WIB
Musisi senior Iwan Fals menggandeng penyanyi muda Sandrayati Fay dalam lagu baru berjudul 16/01. Iwan Fals bikin lagu dari cuitan di Twitter. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi senior Iwan Fals menggandeng penyanyi muda Sandrayati Fay dalam lagu baru berjudul 16/01. Iwan mengungkapkan bahwa lirik dalam lagu tersebut terinspirasi dari celotehnya di media sosial.

Hal itu diungkap Iwan Fals dalam jumpa media virtual pada Jumat (30/7). Dalam acara ini, Iwan Fals membenarkan bahwa beberapa bagian dalam lagu tersebut diambil dari komentar-komentar yang ia unggah di akun Twitter dan Facebooknya.

"Iya itu dari tweet-tweet saya, saya kan ada Facebook dan Twitter, dua itu jadi teman saya, jadi jelas itu ada dari Twitter saya," ujar Iwan Fals.


Ide unik ini rupanya bukan menjadi pengalaman pertama untuk Iwan Fals. Penyanyi kelahiran 1961 itu mengaku pernah menciptakan lagu yang seluruh liriknya terinspirasi dari komentar-komentar di Twitter. Lagu berdurasi hampir 27 menit tersebut ia unggah di laman Youtube pribadinya yakni Iwan Fals Official.

Selain ide dari Iwan, penulisan lirik lagu 16/01 juga melibatkan Sandrayati Fay yang menjadi rekan duet Iwan dalam lagu tersebut. Perempuan yang akrab disapa Sandra ini mengatakan bahwa dirinya sempat ragu saat diminta Iwan untuk menulis lagu ini.

"Apa ya cuma waktu itu ditawarkan mau nulis lirik? Lalu pas dengar lagunya oh iya [mau], jadi [menulis] liriknya ya mengalir aja nggak sengaja aja, natural aja, coba ini coba ini," ujar Sandra.

Demi menyelesaikan lagu tersebut, Sandra bahkan bertolak ke Jakarta untuk menyambangi studio musik yang berada di kediaman Iwan Fals. Setelah hampir lima hari berada di Jakarta,
penyanyi yang kini bermukim di Islandia itu akhirnya merampungkan lirik lagu tersebut.

Baik Iwan Fals maupun Sandra mengatakan bahwa lagu 16/01 merupakan lagu yang dibuat untuk mengajak semua orang untuk tetap bersemangat dalam menghadapi pandemi. Semangat tersebut mereka tuangkan dalam alunan lagu yang riang dengan lirik yang jenaka.

"Lagukan cinta yang penting sehat, digoyang-goyang sambil berdoa. Sambil berdoa, digoyang-goyang," penggalan lirik yang pada lagu itu.

Setelah merilis versi audio dari lagu 16//01, Iwan Fals dan Sandrayati Fay akan merilis video klip lagu tersebut di laman YouTube Musika pada 1 Agustus 2021 pada pukul 16.01 WIB.

Lagu 16/01 merupakan kolaborasi pertama sekaligus menjadi ajang reuni bagi Iwan Fals dan Sandrayati Fay setelah terakhir kali tampil bersama di Konser Situs Budaya 2016 silam.

(nly/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK